Do the WRITE Things, WRITE away !

Haloo semuanya :)
Apa Kabar ? Udah lama ya kita ngga jumpa. Gimana kangen-kah dengan tulisan-tulisan aku.. hehe. Okee, sebelumnya aku minta maaf karna udah lama ngga nulis tapi kabar baiknya aku punya sesuatu buat kalian ketahui. Mau tau ? Lets check it out.

Kampung Fiksi. Ada yang udah tahu atau pernah denger ? Kampung dalam KBBI artinya adalah daerah atau tempat, sedangkan Fiksi adalah cerita rekaan yang tidak berdasarkan fakta atau pernyataan yang hanya berdasarkan khayalan atau pikiran. Nah jadi Kampung Fiksi adalah daerah atau tempat yang berisi cerita rekaan atau pernyataan yang didasari dari sebuah khayalan atau pikiran. Gimana udah ngertikan guys ?

Nah ngomong-ngomong tentang kampung fiksi, di Indonesia beneran ada loh tempat yang kayak gitu. Ngga percaya nih ? Okee aku jelasin lebih detail lagi yaa. Pada tanggal 1 Februari 2011 lalu, para wanita-wanita cantik ini Ajen Angelina, Deasy Maria, Hadi Samsul, Meliana Indie, Miss G, Nastiti Denny, Ria Tumimomor dan Winda Krisnadefa mendirikan sebuah komunitas untuk para penulis-penulis dan pecinta-pecinta kisah manis, pahit, bahkan getir dari fiksi, yang dapat kita sebut dengan Kampung Fiksi.

Komunitas ini menyediakan beberapa fasilitas atau layanan kepenulisan bagi penulis. Layanan tersebut adalah Copy Editing : Koreksi aksara (typos), koreksi kalimat dan pemilihan diksi serta ejaan; Developmental Editing dan Substantive Editing : Pelayanan pengembangan ide dan konsep (Developmental) dan Pelayanan edit konten (Substantive); Kelas Online menulis fiksi serta layanan untuk Mengurus ISBN pun disediakan juga oleh komunitas ini.

Bukan hanya itu saja guys, Kampung Fiksi juga memiliki kegiatan-kegitan positif yang lainnya seperti Remake/Rewrite, kegiatan ini dilakukan dengan cara mengirimkan satu halaman cerita yang sedang digarap yang nantinya akan di-remake/rewrite kembali oleh teman-teman yang lain. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menunjukkan bahwa satu ide atau satu cerita bisa diceritakan dengan berbagai macam cara dan masing-masing orang memiliki cara bercerita dan sudut pandang yang unik. Kemudian ada Book Traveling Campaign, yaitu kita mengirimkan buku yang sudah kita beri tanggapan melalui catatan-catatan kecil yang telah diselipkan buku tersebut kepada teman kita. Kemudian teman kita akan melalukan hal yang serupa dan mengirimkan kembali buku tersebut ke teman yang lainnya, begitulah seterusnya sampai kepada pambaca ke-10, nah kalo sudah begitu maka pembaca terakhir (pembaca yang ke - 10) akan mengembalikan buku tersebut kepada pemiliknya. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar para penulis pun rajin membaca. Karena membaca itu vitaminnya penulis.

Selain itu ada juga kegiatan yang namanya  Januari50K yaitu  kegiatan tahunan bagi siapa saja yang berniat untuk menulis fiksi seperti novel, kumpulan cerpen atau cerita serial minimal 50.000 kata per 30 hari full. Nah, Kampung fiksi juga mengadakan Review setiap hari Rabu yang sering juga disebut dengan Rabview dan Di setiap hari kamis diisi dengan "Tips Nulis". Jadi gimana guys ? Sekarang udah percaya kan. Nah, buat yang tertarik atau ingin lebih jelasnya boleh kunjungi websitenya lansung disini http://www.kampungfiksi.com/ atau silakan hubungi kampungfiksi@gmail.com. Nah buat kalian para penulis dan (yang katanya) penulis, seperti semboyan Kampung Fiksi. Lets Do the Write Things, Write Away! 



Tulisan ini dalam rangka "Ikut memeriahkan ultah Kampung Fiksi yang ke-3 bersama Smartfren, Mizan, Bentang Pustaka, Stiletto Book dan Loveable."

Comments

  1. Astaga!!!! Makin bagus aja tulisan niken :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduhh jadi malu nih mba mala :) hehe. Mba mala lebih bagus lagi tulisannya

      Delete
  2. Di tunggu terbitan bukunya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha :D Aamiiin, makasih kakak-kakak
      di tunggu juga terbitan bukunya...

      Delete
  3. wahhh sainganku nih di tema 1 :D #lombakampusfiksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh ketemu saingan :) hehe. Good luck buat kita yaa

      Delete
  4. Wah keren. Salut sama kampung fiksi. Kalau ndak salah, sekarang udah besar ya komunitasnya. Boleh dong disumbangkan cerpennya ke membaca sejenak. Coba deh intip postingan gue yang berjudul Membaca Sejenak. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, sekarang udah ulang tahun ke-3 nya nih :) tambah besar komunitasnya..

      okeee, menuju Membaca Sejenak :D

      Delete
  5. wow sukses terus yah buat kampung fiksi :D
    biar makin banyak anak-anak muda yang terus berkarya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga harapannya terkabul buat kampung fiksi :)

      Delete
  6. keren kampung fiksi! :D sayang belom ada bakat buat nulis fiksi :"

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba-coba aja dlu kak, mungkin aja bisa nanti nya :D hehe

      Delete
  7. Replies
    1. typo bisa diminimalisir kok :) harus lebih teliti aja hehe

      Delete
  8. Undangan Menjadi Peserta Lomba Review Website berhadiah 30 Juta.

    Selamat Siang, setelah kami memperhatikan kualitas tulisan di Blog ini.
    Kami akan senang sekali, jika Blog ini berkenan mengikuti Lomba review
    Websitedari babastudio.

    Untuk Lebih jelas dan detail mohon kunjungi http://www.babastudio.com/review2014


    Salam
    Baba Studio

    ReplyDelete

Post a Comment

Dari pada cape' hati gara-gara gagal moveon, enakan cape' mata baca postingan saya bloggers :D Nah, kalo sudah baca jangan lupa tinggalkan komentar, saran, ataupun kritiknya. Begitulah pembaca yang baik semestinya :D

Popular posts from this blog

Hal - Hal Yang Bisa Bikin Cewek Tersentuh

Sesuatu. Sesuatu yang Baru

Macam - Macam Gila yang ada Di Kehidupan Sehari-hari