Friday, 27 November 2015

Kelas Inspirasi Palembang #3 Part 2 : Sehari Mengajar, Selama Menginspirasi

Kejarlah cita-citamu sampai ke bulan, kalau gagal setidaknya kau berada di bintang-bintang
- Muhammad ferdyan -


Pernahkah kau membayangkan menjadi salah seorang guru favoritmu ketika sekolah? Pernahkah kau membayangkan berada di depan kelas menjelaskan tentang sesuatu yang baru, yang belum diketahui oleh mereka yang memperhatikanmu di depan kelas. Pernahkah kau membayangkan bagaimana rasanya? Atau tidakkah kau bertanya-tanya apakah mereka lelah menghadapi setiap tingkah laku kita ketika berada di sekolah dulu. Pernahkah kau membayangkan bagaimana rasanya memgantikan posisi mereka, hanya untuk satu hari misalnya? Pernahkah kau bertanya mudahkah menjadi seorang guru? Menghabiskan suaranya hanya untuk mengajari kita tentang sesuatu yang baru. Aku? Aku rasa sudah merasakannya, tidak hanya membayangkannya. Dan itu membuatku bersyukur memiliki guru-guru yang selalu memperhatikan siswanya. Kau pikir itu mudah? Well... walaupun hanya unuk satu hari aku rasa hal itu sesuatu yang sulit untuk dilakukan :D


Sabtu, 14 November 2015.
Yeah, sekitar beberapa minggu yang lalu dari waktu yang sekarang. Emang sekarang kapan, Ken? Nah, coba liat kalender dan jamnya masing-masing yah, kalo udah tau itulah (anggap aja) waktu sekarang. It's Present. Tapi bukan present tense yah, itu mah beda lagi. So, jadi beberapa minggu kemaren kita mengunjungi salah satu SD yang berada di pinggiran Kota Palembang, SD ini terletak di perbatasan Kota Palembang dengan Ogan Ilir, yang memiliki alamat lengkap di Jalan Meranti Sungai buaya RT 35 Kelurahan Kemas Rindo, Kertapati, Palembang. Yupp.. SD Negeri 226 Palembang atau yang lebih dikenal dengan sebutan SD sawah. Tak usah kalian tanya kenapa? Karena memang letak SD tersebut di sekitar lahan persawahan. Jadi, pertama kali yang aku lakukan adalah cari alamatnya di google mapsSo, what I find on that? They can't find that address. Awalnya aku bingung, ini aku harus sedih atau ketawa ya? yaaa.. karena google maps aja sampe ngga tau dimana tempatnya. Sebenernya letak SD ini tak terlalu sulit untuk ditemukan, namun jarak tempuh yang sekitar 2 Kilometer dari jalan raya utama dan medan jalan yang cukup ekstrem membuat perjalanan ke SD ini semakin memorable bagi kami. 

Bangunan SD ini berbentuk panggung dan tidak memiliki lapangan, lapangan mereka hanya berupa rawa-rawa yang dapat dipakai ketika keadaannya kering pada saat musim panas. Musim hujan? Lapangan tersebut akan tenggelam oleh air yang turun dari langit yang kemudian mengenang dan menutupi lapangan mereka #ceilaaah. Tidak adanya lapangan membuat mereka tidak pernah melakukan upacara bendera. Oleh karena itu juga, banyak dari siswa SDN 226 ini tidak hapal lagu Indonesia Raya, lagu nasional yang seakan-akan pula rasa nasionalisme mereka tidak tumbuh dalam diri mereka. Salah satu hal yang sangat disayangkan dari SD ini.


"Sehari Mengajar, Selamanya Menginspirasi" adalah slogan dari gerakan Kelas Inspirasi itu sendiri yang memiliki maksud untuk memberikan inspirasi atau motivasi kepada siswa-siswi SD untuk meraih cita-cita mereka, serta memberikan gambaran tentang bermacam-macam pekerjaan profesional lainnya yang mungkin atau sudah pernah mereka dengar sebelumnya. Jadi, aku selaku fasilitator beserta dengan 4 inspirator dan seorang dokumentator kelompok kami berbekal dengan slogan tadi mengunjungi SDN 226 Palembang dengan harapan kami dapat memberikan motivasi serta semangat agar mereka dapat lebih giat lagi untuk belajar agar dapat meraih cita-cita mereka.

Great day with great people. And they are great people. Thanks team!

"Great day with great people". Kata-kata ini aku dengar dari salah seoarang inspirator kelompokku, Mba jessy. Inspirator dalam hal ini adalah seorang profesional dalam bidangnya masing-masing, sedangkan dikelompokku memiliki 4 orang inspirator, diantaranya Kak Ferdyan, Mba Rizka, Mba Anggun dan Mba Jessy. Mereka adalah great people itu sendiri. Orang-orang yang rela cuti sehari dari pekerjaan mereka hanya untuk memberikan inspirasi kepada siswa-siswi SD. Mereka yang meluangkan waktu dan tenaganya untuk kegiatan ini. Tentu saja Rizki, dokumentator kelompok kami yang menjalankan tugasnya dengan baik, sampai-sampai dia sendiri pun dapat dikatakan fotonya tidak ada.. hehe. Terima kasih untuk foto-fotonya yang bagus dan keren.

Inspirator SDN 226 Palembang

Dengan mengikuti kegiatan ini, aku dapat merasakan menjadi salah seorang guru, walaupun hanya sekedar mengajak mereka untuk berbaris yang rapi, menyuruhnya diam untuk mendengarkan sesuatu yang sedang dibicarakan didepan kelas atau menyuruh mereka masuk kembali ke dalam ruangan kelas mereka sembari menunggu inspirator mereka yang selanjutnya datang. Dengan kegiatan ini juga, aku merasakan berada di depan kelas menjelaskan tentang sesuatu yang baru, yang belum diketahui oleh mereka yang memperhatikanku di depan kelas. Dan walaupun hanya sehari, ini menguras tenaga serta suara. Yupp.. suara untuk menjawab semua pertanyaan polos yang mereka ajukan disertai tatapan mata yang penuh keingin-tahuan. Dari sini menjadi seorang guru tidak mudah. Bagiku, mereka yang memberikan inspirasi yang lainnya, membuatku bersyukur telah mendapat pendidikan dari SD sampai sekrang dengan fasilitas yang mendukung. Membuatku bersyukur memiliki guru-guru yang selalu berdedikasi dengan pekerjaannya. Memiliki guru yang selalu memperhatikan dan mengajariku hingga aku menjadi orang yang sekarang.

Begitupun dengan siswa-siswi SDN 226 Palembang, mereka memiliki guru yang selalu mengajari mereka dengan ikhlas dan semangat yang tinggi sebagai seorang guru. Guru-guru yang selalu memperhatikan tingkah laku mereka, menegur jika mereka salah dan selalu memberikan yang terbaik bagi siswa-siswinya. Contohnya saja Ibu Kirtosiah, S.Pd, beliau yang telah mengabdikan dirinya selama 8 tahun sebagai Kepala Sekolah. Memberikan waktu dan tenaga untuk memberikan usahanya yang terbaik untuk membangun SDN 226 palembang agar dapat  setara dan bersaing dengan SD-SD lainnya. 

Ibu Kirtosiah, S.Pd

Kesimpulan yang aku ambil setelah melewati dan mengikuti kegiatan ini adalah Pendidikan di Indonesia, ah...  jangankan di Indonesia kita ambil saja di Kota Palembang masih banyak yang belum merata. Disaat anak-anak SD di Kota sudah memegang smartphone ataupun gadget masing-masing, mereka (anak-anak SD pinggiran Kota) tak tau apa itu teknologi. Disaat anak-anak SD yang lainnya memiliki banyak bahan buku bacaan yang dapat dibaca, mereka tak memiliki perpustakaan atau hanya sekedar ruang baca buku. Ah,,.. tak usah perpustakaan ataupun smartphone, lapangan untuk mereka bermain atau hanya sekedar duduk-duduk bercanda sesama mereka pun tak punya. Sungguh fasilitas yang masih jauh untuk dikatakan memadai ataupun menunjung proses pembelajaran mereka.


Namun, seperti halnya yang dikatakan Pak Anies Baswedan “Mendidik adalah tanggung jawab setiap orang terdidik. Berarti juga, anak-anak yang tidak terdidik di Republik ini adalah "dosa" setiap orang terdidik yang dimiliki di Republik ini. Anak-anak nusantara tidak berbeda. Mereka semua berpotensi. Mereka hanya dibedakan oleh keadaan.”. Mereka berhak mendapatkan pendidikan yang sesuai. Mereka berhak meraih cita-cita mereka, fasilitas tentu menunjang keberhasilan belajar mereka tapi jangan biarkan mereka tak mendapat pendidikan yang layak. Jangan biarkan senyum mereka tak terlihat lagi dari wajah mereka. Dan jangan hilangkan kesempatan mereka untuk menggapai cita-cita mereka.


Dan terakhir, Terima kasih untuk Kelompokku atas segala usaha, waktu dan tenaga yang telah diluangkan untuk mensukseskan kegiatan ini. Terima kasih untuk Ibu Kirtosiah dan seluruh jajaran guru di SDN 226 Palembang yang telah menerima kami dengan terbuka, guru-guru yang telah berdedikasi dalam menjalankan tugasnya untuk mengajari siswa-siswinya, guru-guru yang telah ikhlas bahkan berkorban meluangkan waktu serta tenaganya untuk mengajar. Terima kasih untuk seluruh siswa SDN 226 palembang yang telah memberikan cerita lain yang dapat menjadi pelajaran berharga. Semoga cita-cita kalian terbang tinggi di langit dan semangat kalian tak pernah turun untuk selalu menggapainya. Dan juga, terima kasih untuk kelompok SDN 226 Palembang yang telah memberikan warna lainnya dalam perjalanan ini dan semoga dipertemukan di kesempatan yang lainnya.

Friday, 20 November 2015

Kelas Inspirasi Palembang #3 Part 1 : Team Work

There is no end to education. It is not that you read a book, pass an examination, and finish with education. The whole of life, from the moment you are born to the moment you die, is a process of learning - Jiddu Krishnamurti -
 

Perjalanan ini mungkin tidak akan cukup dan habisnya untuk diceritakan. Perjalanan ini mungkin takkan bosan-bosannya untuk didengarkan kembali. Perjalanan ini mungkin tiada bandingnya dengan perjalanan-perjalanan yang lainnya. Yeah, katakan saja aku sedikit berlebihan, namun percayalah. Itulah apa adanya yang terjadi. Jika engkau tak percaya, maka coba rasakan sendiri sensasinya. #tsahhh

Mungkin perjalanan ini takkan selesai dengan satu halaman tulisan. Kenapa? Terhitung sejak bulan Juli hingga November minggu kemarin aku mengikuti sebuah gerakan yang memberikan aku inspirasi. Memberikan sudut pandangan hidup yang lainnya, memberikan kembali warna-warna yang sebelumnya mungkin sudah sedikit lapuk untuk menghiasi kehidupan sehari-hariku. Disini aku kembali menemukan orang-orang yang luar biasa. Disini aku kembali merasa menjadi orang beruntung telah bertemu mereka. Disini aku kembali menemukan orang-orang yang tak sadar mereka telah memberikan semangat untuk orang sekitarnya. 

Kelas Inspirasi Palembang #3

Kelas Inspirasi Palembang. Jujur saja, mulai dari awal sejak aku mendaftar sebagai volunteer aku tidak terlalu tahu dan tidak mencari lebih tahu apa itu Kelas Inspirasi Palembang serta tetek bengeknya yang lain. Well, itulah salah satu kekuranganku, malas untuk mencari tahu hehe. Tapi, kita disini tidak akan membahas kekuranganku yang bahkan tidak menarik sekalipun untuk dibahas. Karena hal tersebut tidak penting untuk kalian, tapi beda halnya bagi pengagum rahasiaku yang (mungkin) berada luar sana. Mungkin ini bisa jadi sedikit bocoran informasi tentang diriku. Okee.. Come on Niken! Stop dreaming and wake up.

Firstly, mungkin aku bakalan jelasin apa itu Kelas Inspirasi? Kelas Inspirasi adalah gerakan para profesional turun ke Sekolah Dasar (SD) selama sehari, berbagi cerita dan pengalaman kerja juga motivasi meraih cita-cita. Cerita tersebut akan menjadi bibit untuk para siswa bermimpi dan merangsang tumbuhnya cita-cita tanpa batas pada diri mereka. Dan untuk Kota Palembang sendiri sudah 3 kalinya diadakan. But here, we are not the profesionals. We are the staff, people who behind Kelas Inspirasi Palembang #3. And guess what? I'm one of them. Feeling like i'm the lucky person? Yes, I'm lucky. Beruntung aku mendapat pengalaman yang baru dengan orang-orang yang baru. Beruntung menjadi bagian dari sebuah gerakan yang memberikan harapan atau setidaknya secercah harapan bagi orang lain.  Beruntung, karena aku dapat melihat secara lansung keadaan pendidikan di pinggiran Kota Palembang. Beruntung aku dapat bertemu dan melihat senyuman tulus dari siswa-siswi SD yang tanpa mereka sadari memberikan suntikan senyuman serta semangat bagi orang disekitar mereka. Beruntung serta besyukur bahwa mereka -siswa siswi SD tersebut masih memiliki guru-guru yang peduli akan pendidikan mereka, guru yang tanpa lelah memebrikan perhatian pada murid-muridnya. Guru, Pahlawan tanpa tanda jasa. 

Beberapa Panitia Lokal Kelas Inpisrasi Palembang #3

Aku selalu beranggapan bahwa untuk menilai suatu karya tak hanya terletak pada hasilnya yang memuaskan, megah ataupun sempurna. Namun, proses dalam membuat suatu karya tersebut pun dapat kita nilai serta kita ambil pelajarannya. Sebenarnya acara puncak dari Kelas Inspirasi Palembang #3 sendiri jatuh pada Sabtu, 14 November 2015 kemarin. Yeah... it's just one day. Tapi, untuk sampai pada hari tersebut, Kami, Panitia Lokal melewati beberapa proses-proses yang tak ternilai harganya. Dimulai saling mengenalkan diri masing-masing, memahami karakteristik individu-individu yang baru dikenal, kemudian lanjut pada tahap dimana kami mulai brainstorming dan merasa nyaman hingga sampai akhirnya berpikir we're not just friends, but we're another family that have ruenion again. Family who comfort each other, family who always give spirits. And Family who always by your side when your happy or sad. Semua itu dicapai karena proses-proses yang sebelumnya kami lalui. Tidak pungkiri perselisihan atau perbedaan pendapat sering terjadi, namun semua itu warna-warna yang menghiasi perjalanan kami. Setidaknya, akan kami ingat kembali dan ceritakan kepada orang lain. Ataupun menjadi renungan bagi sendiri atau menjadi lelucon yang akan ditertawakan nantinya. Seperti aku sekarang sedang mengingat kembali perjalanan itu dan tersenyum sendiri disudut sebuah ruangan yang ramai.

Kelas Inspirasi Palembang #3

Last, Terima kasih untuk Allah yang sudah mempertemukan aku dengan mereka, orang-orang yang luar biasa.  Terima kasih untuk seluruh Keluarga Kelas Inpisrasi Palembang yang telah hadir mengisi hari-hariku. Terima kasih telah menjadi bagian cerita dan perjalanan dalam hidupku yang nantinya akan dengaan bangga aku ceritakan kembali di masa yang akan datang. Terima kasih telah memberikan pelajaran serta pengalaman yang baru. Aku merasa seperti baru kemarin kita bertemu, tapi siapa yang tahu kalau waktu berlalu dengan cepat sekali hingga tak terasa Kelas Inspirasi Palembang #3 telah usai. Terima kasih telah diberikan kesempatan menjadi bagian dari tim ini. And a lot of thank for you. Hope our relation is not end here and we can meet again. Good Luck for us!!

Saturday, 5 September 2015

Restart Blogging : After Effect Meet & Greet Penulis

Satu... Dua... Tiga... Empat.. Lima... Enam.
Oke, terhitung dari bulan April sampai dengan september sudah 6 bulan blog ini vakum. Enam bulan itu sama kayak setengah tahun. Dari Blogger yang domainnya masih pake (dot)com sampe ganti jadi (dot)co.(dot)id blog ini masih aja sama. Iya sama, ngga di-urusin sama authornya. Kalo diibaratkan dengan rumah, mungkin udah menjelma jadi rumah hantu yang siap buat cari mangsa berikutnya. Huft.

Setengah Tahun? Kemana aja niken ngga nongol-nongol?

I'm here. Disini, masih setia memantau kamu, namun tak berani menyapamu. Jangankan menyapa, untuk menatap matamu saja aku tak mampu. Eitsss... malah curhat -_-. Selama enam bulan ngga kemana-mana dan juga lagi ngga sibuk apapun, cuma kehabisan amunisi semangat, ide, ilham dan insipirasi jadi akibatnya yaa... beginilah jadinya.

I have nothing to say. What i said now, only seems like an excuse. I'm really sorry. But, the important thing is I'm here now, back to my activity, blogging. Be more creative, productive and full of life.

Ngomongin masalah kreatif dan produktif. Being creative itu gampang-gampang susah -ini ngga tau bahasa inggrisnya apa..hehe- Dibilang gampang kalo lagi banyak inspirasi tanpa perlu repot-repot semedi lagi, dibilang terlalu mudah juga ngga. Kenapa? karena terkadang susah kalo lagi ngga ada ide, inspirasi, anugrah atau hidayah. Mau nungu sampe berjam-jam pun kalo otak lagi macet juga ngga bisa ngapain-ngapain. Apalagi kalo nulis yang perlu imajinasi dan kosakata yang bagus. Kata siapa nulis itu mudah? Untuk nulis satu paragraf di blog ini aja aku butuh semedi setengah tahun..haha. Apalagi kalo nulisnya ngga dilatih, ngga dibiasakan tambah deh sulit buat memulai nulisnya. Ala bisa karna biasa. Pepatah ini bener banget, buktinya para penulis terkenal aja harus menulis berulang-ulang baru bisa. Lah gimana nasib aku yang nulisnya bolong-bolong? Yang pastinya setelah sekian lama ngga nge-blog dan mau nge-blog lagi, aku bingung mau nulis apa, mau buka pembicaraan atau pembahasan apa. Kalo biasanya kosakata itu dengan lancarnya keluar tinggal lansung ditulis aja, sekarang butuh usaha yang ekstra hanya sekedar buat tulis kata pembukaan. Suatu kemunduran yang bikin bete, sering kali mau nge-blog tapi karna ngga tau mau nulis apa jadinya ngga jadi, lanjut deh ngga update blognya. Oke, itu adalah beberapa alasan diantara alasan-alasan yang lainnya selama ini vakum nge-blog.

Penulis Orizuka
Berhubung lagi ngomongin penulis, baru inget kalo tahun kemaren ikutan Meet & Greet 2 Penulis yang bukunya sering aku baca. Kenapa sering? karena belum semua bukunya aku baca + beli.. hehe. Dan ternyata setelah bertemu dengan dua penulis yang kece-kece dan keren ini, aku baru menyadari beberapa hal yang selama ini kurang aku sadari. Ntah aku yang kurang peka atau memang hal ini terlalu terselubung dan tersembunyi? Cielah

Penulis Darwis Tere Liye
Jadi ternyata selama ini aku itu.....
Mau book signing, Ngga ada  bukunya.
Setelah 2 kali ikutan meet and greet bareng penulis, hal yang pertama kali yang aku sadari adalah ternyata buku-buku para penulis itu aku ngga punya banyak (setelah liat koleksi buku ternyata cuma punya 1-2 buah buku aja) alias selama ini aku baca buku mereka dengan cara pinjem sama para temen-temen aku yang punya buku-buku mereka juga... hehe. Tapi, ntar dulu ngatain aku seorang reader yang ngga modal. Bukunya itu aku juga punya + ada, tapi kebanyakan notabene keberadaaan buku-buku itu sendiri 177 Km jauhnya dari keberadaan aku sekarang. Makanya pas ikutan Meet & Greet mau bawa bukunya baru nyadar kalo bukunya cuma punya dikit, padahal rata-rata udah semua baca buku-buku karya mereka... haha.

Tahap Reader, Author?
"Kapan mau nulis? Ngga bosan nih jadi pembaca trus." Sebenarnya agak susah dan bingung mau jawab apa kalo dapet pertanyaan kayak tadi. Tapi yang jelas, aku juga seorang penulis kok, walaupun kadang-kadang bolong dan males. Doakan saja ya nanti bakalan jadi penulis yang seutuhnya..hehe

Ngga ada hal yang Spesifik tentang genre bacaan
I read what I think that's good books. Jadi, intinya aku itu ngga pemilih ataupun memilih bahan bacaan. Seperti halnya yang dikatakan oleh salah satu seniorku "sebenarnya genre adalah suatu pengkotak-kotakan terhadap buku yang dilakukan oleh kita sendiri". Lagipula nih ya kalo menurut aku, sayang kalo kita cuma baca satu macam genre dari beberapa buku yang ada di dunia. Kenapa? Ngga diusah ditanya, karena bahan bacaan kita juga bakal terbatas. Mungkin itu juga salah satu alasan ngga terlalu spesifik dalam memilih bahan bacaan. hehe.


Jadi, sebenernya tulisan ini adalah salah satu draft yang sangat disayangkan kalo ngga diupload yang pada akhirnya terselesaikan juga. Yeay. Dengan ini juga, semoga semangat dan ide-ide dari 2 penulis yang terkenal tadi menular ke aku biar aku ngga jadi penulis yang ngga bolong-bolong lagi yaa... hehe. and last let me say "Welcome back, Niken!" haha 

Friday, 1 May 2015

Dilema Mahasiswa Menjelang Tingkat Akhir

"Blog Niken udah Lumutan........ 
"Blog Niken udah debuan..........

Denger kata itu dari temen sendiri itu rasanya....
Rasanya ngga bisa dideskripsiin lagi!!! Antara malu, jengkel, marah dan harga diri yang menyandang status sebagai jodohmu Blogger ini kayak terinjak-injak hingga menjadi butiran debu. Kalimat dari Caesar, temen aku yang rese' ini ngga salah. 99,99% emang salah aku sebagai author di blog ini yang memang tidak bertanggung jawab udah nelantarin blognya selama satu bulanan lebih. Lutfi juga udah dengan rajin dan semangatnya terus motivasi aku buat update, Namun apalah daya. Semua wacana dan ekspektasi itu tak pernah terwujud menjadi realita. Huftt.

Dengan ini juga aku ambil kesimpulan, percuma orang dikasih motivasi tapi kalo orang yang bersangkutan ngga ada kemuaan buat bergerak. Contoh? ngga usah jauh-jauh, aku tadi udah diingetin + dikasih motivasi buat update blog masih aja bandel :D Nyeselnya ntar belakangan kalo harga dirinya udah terinjak-injak. #Halahkokakulebay

Berhubung ini awal bulan dengan semangat dan visi baru, aku mau update aku blog lagi. Sekalian mengisi wacana pada hari libur.. hehe. Dengan ini juga aku mau curhat. Mau cerita sepuas-puasnya disini. Di Online Diary-ku? #cielah.

******

It's been three years. Udah tiga tahun udah menyandang status sebagai mahasiswi. Udah tiga tahun menuntut ilmu di universitas ini. Udah tiga tahun juga ngerasain masuk lubang nerakanya dunia kuliah di ILKOM (jadi anak programmer katanya). Dan sekarang udah mulai ngerasain jadi mahasiswa semester akhir. Udah mulai pusing cari judul TA (Tugas Akhir). Udah ngerasain gimana rasanya kalo ditanya "Judul TA-nya apa?". Udah mulai ngerasain jadi kayak kakak tingkat kemaren kalo ditanya "Kapan sidangnya ?" atau "Kapan lulusnya ?". Dan ternyata rasanya ngga enak banget, sampe kebawa mimpi saking dipikirin terus. Salut deh buat kakak tingkat yang udah ngelewatin masa-masa suram ini bagi mahasiswa. I Heart You, Kakak Tingkat Semuanya... hehe


It's been three years. Semenjak bakalan jadi mahasiswa semester akhir, 180% derajat kebiasaan dan pokok pembicaraan udah beda. Yang biasanya cekikikan ngatain orang, sekarang malahan ngomongin judul TA. Yang bisasanya ngegosip, sekarang ganti jadi ngomongin pengolahan data buat TA. Yang biasanya sibuk omongin hal yang ngga jelas, sekarang ngomongin metode apa yang pas buat dipake pas TA. Yang biasanya baca novel, sekarang diganti baca buku buat referensi TA. Yang biasanya wifi-an buka youtube, sekarang ganti jadi cari refensi jurnal. Dan, disini aku merasa sedih berasa temen satu angkatan aku mau cepet lulus semua. Udah mau ninggalin ILKOM.


It's been three years. Udah tiga tahun sekelas, belajar, ketawa, diskusi sama temen satu angkatan. Udah tiga tahun ini ngeliat wajah-wajah orang yang sama, dan sekarang bakalan jarang ketemu karna udah sibuk ngurusin TA-nya masing-masing nanti. Yang biasanya bosan ketemu, sekarang dengan naturalnya bakalan sibuk sama urusan masing-masing. Dan aku udah ngga tau mau ngetik apalagi disini. Intinya it's been three years guys :)


Dan sekarang, bentar lagi mau UAS a.k.a ujian akhir semester. Berasa baru kemaren ngerasain masuk semester 6 ehh sekarang udah mau ujian aja. Aku cuma mau ngucapin semoga UAS kita lancar, ngga ada masalah, rintangan atau halangan. Mungkin kata "Terima Kasih" tidak cukup untuk membalas semua yang kalian bagi bersama aku, But Let me to say Thank You and Good Luck guys :)

******

Pssttt.... efek udah lama ngga ngeblog jadi susah mau nulis apa, haduh yang biasanya lancar aja sekarang harus mikir mau nulis apa. Hmm... semoga aku ngga males lagi ya guys buat update blog... hehe. See you :D

Sunday, 15 March 2015

Agen Era Knowledge, Berbagi Tanpa Pamrih

Sebagai Mahasiswa Sistem Informasi, Otak aku udah terinfeksi dan terdoktrin berpikir secara anak sistem informasi, bahas apapun + dimanapun ngga luput dilihat dari berbagi sudat pandang yang berbeda dengan berbagai persepsi yang ada. Kadang sampai berlebihan, saking berlebihannya aja mau laundry aja dicari dulu faktor-fator beserta resiko yang bakalan terjadinya. Ckck -_- Ceritanya anak Sistem Informasi nih *horor*

Di semester yang meranjak ke akhir ini dapet ilmu baru dengan mata kuliah "Knowledge Management" atau biasa kami sebut KM. Mata kuliah yang bahas tranformasi data + informasi yang diolah untuk diambil polanya yang kemudian menjadi 'Knowledge'. Ngerti? Ngga, kalo gitu sama.. haha. Jadi, dimata kuliah ini kita bahas bahwa setiap yang ada dimuka bumi ini adalah knowledge yang -mestinya- ditampung dalam suatu wadah dan disharing ke khalayak umum. Kalo dosen aku bilang inti dari mata kuliah adalah Knowledge dan Sharing. Yupp, tujuannya dari mata kuliah ini adalah agar manusia itu ngga pelit-pelit lagi sama ilmu dan bisa disharing sama yang lain. Contohnya : Blogger.

Well, karena aku seorang blogger setelah mendengar penjelasan panjang kali lebar dan tinggi dari dosen tadi, aku semakin bangga menjadi blogger. Aku Bangga Menjadi Blogger. Why? Seperti yang dosen aku bilang blogger adalah salah satu contoh KM dari sekian banyak contoh yang lainnya. Dan yang secara tidak lansung menjadikan aku sebagai salah satu agen era knowledge. *tepuk tangan yang meriah*.

Nah, dengan latar belakang itulah aku berada disini. diantara kata-kata yang aku coba uraikan disini dan berbagi dengan kalian semua pembaca setia blog-ku *ngomong sambil mata berkaca-kaca* Sharing kali ini akan bermula dari kegitan yang aku ikuti minggu lalu.

Sabtu, 07 Maret 2015

Firstly, makasih buat Akademi Berbagi Palembang (@AkberPLB) yang udah bikin acara ini. FYI, ini kali kedua aku ikutan acara @AkberPLB guys, cerita pertamanya bisa baca disini guys :)

Nah, aku juga salut sama setiap acara yang diadain sama Akademi Palembang. Kenapa? Acaranya ituloh selalu on time. ON TIME. Hal yang udah langka ditemuin disetiap acara yang pernah aku datangin, ntah itu acara biasa, semi resmi ataupun yang resmi sekalipun. Buat kalian yang kurang menghargai waktu coba ikutan acara ini deh, rasakan malunya telat datang dan diliatin sama orang satu ruangan *smile devil*. Selain acaranya yang on time @AkberPLB juga mengadakan acara yang bermanfaat tanpa memungut biaya sepeserpun. Alias GRATIS. Emang top deh @AkberPLB udah on time, bermanfaat dan gratis. Dan dengan ini juga aku bilang dalam hati "@AkberPLB adalah agen Era Knowledge serta KM yang lainnya yang bertebaran dimuka bumi ini" :D 


So, untuk kali ini @AkberPLB bikin kelas Paid Posting bareng Mba Ira Hairida. Jadi, disini Mba Ira atau biasa dikenal dengan @itikkecil bakalan jelasin apa itu paid posting, bagaimana bisa dapet paid posting itu sendiri, dan gaya penulisan apa yang paling disenangin untuk paid posting itu sendiri

Mba Ira yang lagi kasih materi

Paid posting adalah posting yang berbayar. Jadi, setiap postingan atau tulisan yang kita post di blog itu dibayar. Syarat biar bisa dapet paid posting itu ngga susah, kita cuma disuruh lebih merhatiin blognya. Hal yang paling utama yang harus diperhatikan adalah "Content is King", jadi dianjurkan blog kita itu sudah punya personifikasi sendiri untuk isi tulisannya, misal : Traveler yang lebih kerennya lagi blog kita itu sudah punya domain sendiri. Tjakep. Selanjut, kita disuruh aktif di media sosial, punya personal branding, resposif, bisa diajak kerjasama dan minimal statistik kita itu seharinya.. seharinya nih yah kurang lebih 400 pengunjung :D

Para peserta kelas "Paid Posting"

Untuk bisa dapet paid posting sendiri Mba Ira menjelaskan bahwa biasanya didapet dari networking. Dengan ini juga secara tidak lansung, kita disuruh bersosial, cari teman-teman sebanyak-banyak yang tujuan buat nambah wwasan, pengalaman beserta teman tentunya :D Nah, sedangkan untuk gaya penulisan sendiri Mba Ira cuma pesan satu, yaitu "Be Your Self". Yupp, jadilah diri kita sendiri dalam menyampaikan tulisan kita sendiri tanpa harus pusing gaya tulisan yang bagaimana yang tentu tetap dalam bahasa sopan dan enak untuk dibaca serta tak luput memberi makna. Cielah :D

Foto Bersama sebelum pulang ke rumah masing-masing

Minggu, 08 Maret 2015

Setelah hari sabtunya disibukkan ikutan acara dari @AkberPLBnya, hari minggunya aku tak kalah sibuk. Karena hari itu aku ikutan gathering NBCPalembang. Singkat cerita, NBCPalembang adalah komunitas para penulis buku yang berada di kota Palembang sendiri. Untuk lebih lanjutnya bisa hubungin deh adminnya di @NBCPalembang hehe

Awalnya, kita -aku + nona lutfi- sempet bingung cari tempat gatheringnya. Maklum Cafe Sumpah Pemuda sendiri baru kami denger waktu mau ikutan gathering ini. Jadi berbekal dengan petunjuk seadanya kita sempet bolak-balik 3 kali sepanjang JL. Sumpah Pemuda buat nyari cafe itu, yang pada akhirnya lansung ketemu setelah tanya mas pedagang gorengan :')

Btw, akunya keliatan ngga sih? haha

Kita ikutan ini juga untuk yang pertama kalinya loh guys. Nah, gathering NBCPalembang ini dihadiri oleh Mba Lia, Mba Suzan, Kak Rido, Kak Putra, Kak Bimo, Mba Septi, Mba Putri, Mba Eka, Mba Murni, Mba Lady, Mba Putri L, dua temen aku Anisa dan Lutfi dan tentunya aku sendiri RA_Niken :) Kita disini yang paling muda loh #nggapenting

Gathering NBCPalembang kali ini juga meresmikan koordinator yang baru yaitu Ka Rido yang sebelumnya dipegang oleh Mba Lia. Setelah itu agenda yang kayaknya wajib setiap gathering apapun yaitu perkenalan satu-satu yang dilanjutkan dengan sharing seputar tentang tulis-menulis, tips mau nulis novel ataupun cerpen, mengatasi masalah yang sering terjadi. Hal yang bisa aku tangkep dari gathering adalah sebelum kita mau bikin novel terlebih dahulu kita bikin kerangka atau outline dari cerita tersebut yang tujuan mempermudah proses penulisan nanti dan juga mencegah yang namanya writer's block.

Di akhir acara ada sesi pemberian buku buat para peserta yang hadir, tapi sayang aku bukan orang beruntung buat nerima buku-buku. *nangis di pojokan* Tapi, Terima Kasih buat semua kakak-kakak dan mba-mba yang udah sharing tentang pengalamannya dalam hal tulis menulis. Kalian para agen era knowledge yang awesome.. hehe

Say Cheese :D

So, here we go. Harapan aku setelah kalian baca postingan yang lumayan panjang ini, semoga ada knowledge yang bisa kalian ambil. Kemudian, harapan yang lainnya semoga muncul para agen era knowledge yang lainnya, yang berbagi tanpa pamrih. Berbagi tanpa terpaksa, berbagi karena ikhlas dan bikin happy :D Terima kasih juga buat Bu Ken Ditha Tania selaku dosen KM yang ajarin ilmu yang dahsyat banget. Saking dahsyat sampe ngga masuk di otak aku.. hehe. Harapan yang lainnya semoga Bu Ken ngga sengaja nyasar kesini trus baca postingan ini, jadi nilai aku nantinya A. aamiin :D Terakhir, sampai jumpa di postingan selanjutnya guys.






Monday, 2 March 2015

Kopdar Kancut Keblenger Palembang For #4mazingKK

Hai ketemu lagi (entah yang keberapa kalinya) dengan aku, Niken yang bukan lain adalah author dari blog ini sendiri. Okay, sesuai janji aku kalo blog ini bakalan update setiap weekend. So, here I'm with the new story. Yeay. 

Firstly, Selamat datang bulan Maret. Ngga kerasa bulan udah berganti, yang tadinya bulan februari sekarang udah bulan maret. So March, semoga menjadi bulan yang baik, keren, bahagia dan banyak meninggalkan kenangan yang indah-indah seperti bulan-bulan sebelumnya. Dan semoga memberikan hari - hari yang selalu bermanfaat + penuh warna buat aku :D Okay, let's finish all of this small talk. So, here we go !!!

There is change on me. Nope, exactly there is change on my activity on the weekend. Ngga tau kenapa sekarang makin sibuk aja, tiap minggu pasti ada acara yang mau dihadiri. Cielah sok sibuk banget nih. Tapi ini serius loh! Ngga percaya nih? Ngga apa-apa kok, aku bakalan jelasin semua. Dimulai dari acara "Melukis dengan cahaya" trus minggu kemaren baru sudah ikut gathering Blogger Unsri. Minggu ini juga sibuk. Iyaa, disibukkin ngerayain Ulang Tahun itu loh Komunitas Blogger Kreatif Indonesia, apalagi kalo bukan Kancut Keblenger. Yeay. *tiup terompet sambil lompat-lompat* :D

Yupp, Sabtu bulan kemaren atau bertepatan pada tanggal 28 Februari 2012 bertempatan di Kambang Iwak Park Palembang, kita sebagai Kawancut Kancut Keblenger Regional Palembang ngadain kopdar dalam rangka Ulang Tahun Kancut Keblenger itu sendiri. Yeay. Oh ya, sebelumnya juga pernah cerita tentang kopdar KK Palembang, dibisa dilihat disini ya !

 

Bdw, Kancut Keblenger ngerayain ulang tahun yang ke-4 nih :D Umur yang baru cukup masuk TK 0 kecil tuh :D Ulang tahun kali ini juga mengusung tema #4mazingKK, yang emang AMAZING banget. Kenapa? Cause' kopdar kali ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Dari sabang samapai merauke. Berjajar pulau-pulau, sambung-menyambung... Eitsss, kok malah nyanyi sih. Salah fokus lo ken -_-

Back to our kopdar story, seperti pepatah bilang "Tak kenal maka Tak sayang" jadi pada sesi pertama acara kita ramah tamah. Tetapi, perkenalan kali ini bukan perkenalan yang biasanya cuma sebutin CVnya terus bergilir ke kawancut selanjutnya. Ngga, sama sekali beda. Kali ini kita bawa konsep baru dalam perkenalan. Cielah. Caranya pake nomor undian. Trus Gimana caranya? Sabar ya ini juga mau dijelasin. So, dengan undian tadi maka di dapatlah nomor urut yang secara acak. Dan, perkenalannya simpel cuma sebutin nama kawancut beserta alamat blognya tapi... ada tapinya nih :D buat kawancut selanjutnya harus memperkenalkan diri terdahulu kemudian kembali memperkenalkan kawancut yang sebelumnya udah perkenalan duluan. Nah, berhubung pas kopdar ada kuarng lebih 19 orang yang dateng, kebayang tuh yang dapet nomor urut 19 harus nyebutin semua nama kawancut yang udah perkenalan duluan.. hehe. Terus bagi kawancut yang salah nyebutin nama + blognya kawancut yang lain dikasih hukuman dengan cara mukanya dicoret pake bedak :D. Aku nomor urut berapa? 10. Iya, harus nyebutin separuh dari yang dateng.. hiks

Kami dari Kawancut KK Palembang :D
Kawancut KK Palembang
Lagi liat mobil pemadam kebakaran lewat rame banget, penasaran lagi ada kebakaran dimana

Setelah acara ramah tamah yang super sekali, dilanjutin dengan bagi-bagi kado yang kemaren udah disepakatin pake barang dari Indomar*t yang dibungkus pake kantong asoy dari merek itu juga. Yang kemudian dilanjutin dengan ngabisin snack-snack yang kita-kita bawa. Sambil makan snack ini kita rehat dengan diisi sharing sesama kawancut. Ada juga yang cari makan siang + solat sebelum acara kopdarnya dilanjutin.

Kita dapet kado nih kakak :D
Wajah-wajah bahagia liat snack yang bejibun

Ngga seru kalo ngga ada games. Mungkin itu paham yang dipegang para Kawancut kalo ngadain kopdar, pokoknya setiap kopdar harus games biar makin seru. Maka disinilah acara selanjut yang diisi dengan main games. Dari games tebak profesi sampe games mission yang disuruh cari clue dan ngelakuin tantangan buat dapet hint dari reward games itu sendiri.

Kelompok Kancut saat main games Tebak Profesi
Kelompok Keblenger saat main games Tebak Profesi

Last, terima kasih buat Kawancut KK Palembang dari jendral juju yang rela mukanya ngga masuk video, ka roni yang masih tetep nyusul ikut kopdar, ka fajar yang uangnya udah rela dikasih sama mamang yang modusnya ngga jelas, fajar umbi yang rela bolos kerja buat ngeramein #4mazingKK, ka sandi a.k.a syandeh yang udah bawa snack banyak banget :D Ilham, rizty dan temennya fahrurozi yang udah pada dateng juga. Terima kasih juga buat mba utari a.k.a ai yang nyempetin dateng terus balik lagi ke #4mazingKK karena harus ikut tes toefl dulu, mba anna yang udah pinjemin pish eye biar kita bisa narsis bareng, mba lady yang udah bawa tiker buat alas duduk, tiyak dan yuni yang masih nyempetin dateng walapun harus rapat dan kuliah sudahnya, mba putri yang udah pinjemin tongsisnya, nurul yang udah rela bohong sama guru biar bisa ikutan #4mazingKK. Terima kasih juga buat dewi, icha, lutfi serta wenni kawancut yang seumuran udah dateng. Intinya, senang bisa kumpul dan kenal kalian guys. Harapannya, semoga vidoe dari Palembang menang ya :D So, kita bisa nongki ganteng + cantik bareng-bareng lagi... hehe


Sekali lagi, Happy Birhday Kancut Keblenger. Semoga manjadi komunitas yang makin kreatif, kece dan pecah. Dan, selalu menjadi ajang para kawancut untuk berbagi dalam wawasan atapun pengalaman.


Terakhir, untuk yang bener-bener terakhir. Mau bagi berita bahagia dari komunitas blog kampus aku. Kita beneran masuk koran guys, seperti halnya aku tuturkan di cerita sebelumnya di First Gathering Blogger Unsri.

Kita masuk koran nih kakak
 Akhir kata dan penutup, makasih udah tetep setia scroll down baca ceritanya. Dan, sampai jumpa di cerita selanjutnya.

Tuesday, 24 February 2015

First Gathering Blogger UNSRI 2015

Test...Test...
Satu.. Dua... Satu...Dua..Tiga...
Oke Cukup, ternyata aku salah pencitraan. Ini bukan Microphone ken -_- Ini tuh blog lo cepet sana diurusin lagi.

Hai Ketemu lagi dengan aku, Niken si Author dari blog ini sendiri :D
Firstly, mungkin mau minta maaf kalo postingan untuk minggu ini telat beberapa hari ya guys. Sebelumnya juga mau kasih tau kalo aku bakalan update postingan aku setiap malam weekend, ya kalo ngga malam sabtu pasti malam minggu. So, kalian bisa tunggu atau pantengin tulisanku setiap malem itu -ini PD banget kalo ada yang nunggguin. Selain itu juga, kalian bisa ngingetin author yang suka bandel ini kalo ngga ngepost kan? hehe. Seperti halnya dengan minggu ini yang postingannya telat beberapa hari. Oke udah cukup buat segala macam basi-basinya kali ini, kita lansung to the point aja nih mau ngapain. Tetap lanjut scroll down okeh? 

Kemaren-kemaren aku udah cerita tentang hal yang terkait dengan cewek dan juga kebiasaan yang jadi budaya. Sekarang aku mau cerita lagi bagaimana aku menghabiskan weekend kali ini. Kalo weekend kemaren udah cerita tentang acara "Melukis dengan Cahaya" yang udah dikasih ilmu yang bermanfaat banget, malahan udah diterapin + dicoba, weekend kali ini juga ngga kalah seru + bermanfaatnya karena weekend kali ini aku habiskan bersama....... *jreng jreng* -itu ceritanya ada back soundnya hehe- Blogger Unsri. *Tepuk Tangan sambil Salto*

Yup, Blogger Unsri. Sebelumnya aku juga udah pernah cerita Blogger Unsri itu apa, bisa check disini guys :D

Singkatnya, Blogger Unsri adalah komunitas blogger yang ada dikampus aku. Blogger Unsri udah ada sejak 24 Juni 2010, beda tahun aja sama tahun kelahiran aku -ini apaan sih ngga penting banget. Jadi, kalo mau dihitung umur Blogger Unsri udah 4 tahun sekarang, dan juni nanti menjadi 5 tahun. Yeay. Kalo mau tau lebih banyak bisa deh diganggu Om Blonya di @bloggerUNSRI :D

Jadi pada tanggal 22 Februari 2015 yang bertepatan hari minggu Blogger Unsri ngadain First Gatheringnya pada tahun ini di Dunkin Donuts Palembang setelah hampir kurang lebih satu tahun ngga ada kabar. Yeay. Waktu gathering kemaren, kita bahas "Momen untuk Bangkit" Blogger Unsri. Disana kita bahas banyak hal, yang pastinya tentang blogger. Mulai dari kecil sampe yang besar, dari yang ringan sampe yang berat, dari yang serius banget sampe yang semi serius semua ngga luput dari pembicaraan kita. Btw, itu semi serius gimana ya? hehe

Nah, dari semua pembicaraan yang agak random tersebut didapatlah kesimpulan bahwa Blogger Unsri harus bangkit dan meraih ketenaran + keeksisannya lagi :D Ini serius loh kalo Blogger Unsri itu terkenal. Bukti? Buktinya pas kita gathering kemaren kita diliput sama wartawan nih. Tuh kan terkenal ? Ngga percaya ? Sabtu ini atau tanggal 28 Februari nanti jangan lupa beli koran Sumatera Ekspres ya, cari deh disana pasti ada muka-muka kita yang ganteng-ganteng + cantik-cantik mejeng disana :D hehe.

Nih muka kita yang ganteng-ganteng + cantik-cantik
Nih Kasih lagi. Keren kan?

So, dengan momen untuk bangkit ini juga Blogger Unsri punya cara sendiri biar eksis lagi di peredaran dunia ini. Cielaah. Pertama, Blogger Unsri bakalan ngadain lagi Campaign yang juga ngga aktif lumayan lama. Tujuan campaign ini juga supaya temen-temen Blogger Unsri setidaknya punya 1 postingan dalam sebulan di blog kalo lagi terserang penyakit malas serta kaumnya itu. Gimana baikkan Blogger Unsri?

Kedua, blog Blogger Unsri akan berganti dari yang gratis jadi berbayar. Yeay. Oh ya, terima kasih juga buat Ka Sakalvin selaku Founder Blogger Unsri yang udah bersedia jadi donatur buat pergantian domain blog Blogger Unsri sendiri. Salut sama Ka Sakalvin walaupun udah alumni tetap care sama komunitasnya, sini ka toss dulu kita? Eleeee.

Selain itu juga blog Blogger Unsri nanti akan diwarnai oleh tulisan-tulisan dari temen-temen Blogger Unsri sesuai kategorinya masing-masing. Kategori tulisan yang masuk diantaranya adalah review yang terdiri dari review buku, film sampe music yang lagi hits dikalangan anak muda, artwork, sastra yang bakalan diisi sama puisi dan cerpen, sampe rubrik galau atau yang mau gaul nanti ada kategori tempat nongkrong di Palembang yang juga bakalan menghiasi blog Blogger Unsri. Gimana tambah rame lagi kan blognya? Siapa dulu dong, Kita gitu loh :D

Embedded image permalink
Ini beneran candid loh :D
Lambaikan tangan ke kamera :))

Waktu gathering itu rasanya ngga lengkap tanpa main games, alhasil sebelum pulang kita main games dulu yang pastinya bareng-bareng dong kalo sendiri ngga seru lah... hehe. Oh ya, photo-photo itu pasti agenda wajib ngga boleh ketinggalan pokoknya. Sekalian juga bisa bikin envy temen-temen yang ngga bisa dateng.. *smile devil*

Kalo mau dimasukkin kesini ngga ada habisnya photo ini :')
Banyak kan ?

Last but not least, buat semua para temen-temen Blogger Unsri yang lainnya ayo ikut berpartisipasi dengan kita guys. Untungnya? Setidaknya kalian dapet temen, wawasan dan juga pengalaman yang ngga bakalan ngecewain kalian. Dan juga buat para alumni Blogger Unsri juga bisa juga dateng lagi kalo ada Gathering, itung-itung bisa bayarin makanan + minuman pas gathering atau juga bisa jadi donatur tetap buat Blogger Unsri... hehe. Dan, buat Blogger Unsri sendiri tetap maju terus, semoga semua visi dan misinya ke depan terlaksana semua serta temen-temen Blogger Unsri makin solid dan kompak. Aamiin. Oh ya, ditunggu gathering selanjutnya yaa? hehe

Oke, kayaknya cukup untuk kali ini ya guys, tangan aku juga udah berontak pengen istirahat dari tadi ngetik terus. Terakhir... serius terakhir banget nih, tetep setia baca tulisan aku ya guys. Cause without you guys, I'm Nothing :D

Saturday, 14 February 2015

Hal - Hal Yang Bisa Bikin Cewek Tersentuh

Hal - Hal Yang Bisa Bikin Cewek Tersentuh
Sejelas apapun logika menerangkan jalannya,
Wanita selalu saja tersesat oleh perasaannya.
- Yoga Prayoga -

***

Cewek. Satu kata yang mungkin bisa dideskripsikan jadi satu paragraf atau lebih. Cewek. Makluk hidup yang (agak) aneh. Makhluk hidup yang paling ribet di mata cowok-cowok. Makhluk hidup yang paling heboh + paling rame kalo udah ketemu sesama jenisnya. Dan, makhluk hidup yang paling rumpi kalo ngegosip #eitsss.... hehehe. Cewek. Makhluk hidup yang melibatkan perasaan dalam setiap tindakan, sikap, keputusan dan pilihannya dalam kehidupan sehari-hari. Cewek. Makhluk hidup yang paling mellow.

Cewek. Makhluk hidup yang sudah dijelaskan bagaimana rata-rata karateristiknya dalam paragraf sebelumnya. Namun, percayalah bahwa cewek itu seorang yang penyayang. Kenapa? Aku rasa pertanyaan ini juga udah dijawab pada paragraf sebelum juga. Yeah.. everything they think or do, they always involve their feelings. Selalu memikirkan perasaan orang lain terlebih dahulu daripada perasaannya sendiri. Selalu ada kata "Ngga Enak", selalu nurutin perasaan daripada logika dalam bertindak. Kenapa aku bisa bilang begitu? Well, basically karena aku seorang cewek yang notabene juga sering terkena "feelings attack" tadi hehehe.

But, mungkin ini salah satu alasan seorang cewek itu mudah tersentuh hatinya. Cielah. 
Dan, inilah hal - hal yang bisa bikin cewek-cewek tersentuh sampe hati sanubarinya :D

1. Give Her a Bouquet of Flower
Image result for gambar buket bunga mawar merah
Sumber Photo
Pernah mikir ngga kenapa setiap pemenang pasti juga dikasih buket bunga selain hadiah? Misalnya Miss Universe, para pemenang olimpiade, para wisudawan dan wisudawati ataupun para pemenang diajang-ajangnya lainnya. Itulah adalah bentuk apreasiasi atas pencapaian yang telah ia dapatkan. Kalo cowok kasih bunga ke cewek, itu juga bearti sebuah bentuk apresiasi. Nah secara tidak langsung si cowok mengganggap cewek itu cantiknya alami kayak bunga. Bunga juga merupakan lambang sakral dalam pernikahan. Pada saat cowok melamar, cewek bakalan milih satu hiasan bunga yang disebut boutoniere yang menandakan dia menerima lamaran tersebut.

2. Give Her a Surprise
Image result for gambar surprise
Sumber Photo
Surprise disini bukan maksudnya bikin orang terkejut terus sakit jantung, masuk rumah sakit. Ngga gitu juga kali ya guys. Surprise disini juga bukan maksudnya ngagetin dia pake petasan loh. Surprise disini maksudnya adalah kegiatan atau tindakan yang tanpa sepengetahuan si cewek tadi. Kalo aku sih pengennya dapet surprise di nyanyi lagunya Bruno Mars - Marry You sambil candle light di salah satu restoran yang berada ditepi sungai musi, menatap jembatan ampera di malam hari. #KODEKERAS

3. Give her a Gift
Kado. Yup, salah satu hal yang bisa bikin cewek tersentuh. Apalagi kalo kalian kasih kado pas dengan barang atau sesuatu yang dia kepengen banget. Well, pasti si cewek merasa bahagia banget + tersentuh karena kalian bisa kasih barang yang dipengen tanpa harus tanya si cewek langsung. Gimana Caranya ? Yeah.. untuk jawab pertanyaan ini satu ini, hanya Tuhan yang tahu :D
                            Stackable Ring SetsSlim Stack Rings
Btw, ngomongin soal kado. Kalo kalian bingung mau cari kado, kebetulan kemaren aku lagi lihat -lihat koleksi cincin emas di Zalora. Yang mungkin aja jadi salah satu alternatif ataupun juga pilihan buat kalian yang bingung mau kasih kado ceweknya apa ? Atau yang jomlo, bisa deh beliin kado buat ibu, adik perempuan, tante, sepupu, tetangganya atau bisa juga deh beliin aku, siapa tahu jodoh kan ? *eehhh. Well, gambar diatas adalah salah satu cincin emas dari sekian banyaknya koleksi dari cincin - cincin emasnya Zalora. Buat kalian yang mau lihat lebih jelas dan lebih banyak koleksinya bisa kunjungi langsung di website resmi Zalora-nya ya guys. 

Well, sampe sini dulu postingan aku kali ini. Semoga postingan ini bisa jadi alternatif kalian buat bersikap atau bikin cewek "tersentuh". Sampe jumpa dipost berikutnya ya guys :D

Saturday, 7 February 2015

Kebiasaan yang Menjadi Budaya

Kita adalah apa yang kita kerjakan berulang kali. 
Dengan demikian, kecemerlangan bukan tindakan, tetapi kebiasaan
- Aristoteles -

***

Kebiasaan memiliki pengaruh dalam kemampuan yang kita miliki. Misalnya nih, gitaris ngga akan jadi gitaris pro kalo ngga dibiasain buat latihan terus. Atau contoh lain, seorang penulis ngga akan jadi penulis terkenal kalo males ngebiasain diri buat latihan nulis. Kalo menurut aku sih, seperti pepatah bilang 'Ala bisa karena biasa'. So, kesimpulannya kalo kita pengen kemampuan yang kita geluti atau ikuti meningkat terus jadi profesional, kita harus membiasakan diri untuk selalu latihan.

Ngomongin kebiasaan, terkadang ada kebiasaan yang berdampak negatif dan merugikan buat kita ataupun orang lain. Dan yang lebih parahnya lagi, kebiasan ini sering dilakukan oleh-oleh orang-orang di sekitar guys. Atau malahan kita juga sering melakukan kebiasaan ini.

Dan, inilah kebiasaan - kebiasaan tersebut. Lets check under this sentence :D

1. Ngaret
sumber photo
Pernah ngga janjian sama temen buat hadiri suatu acara, rapat atau janji temu yang lainnya ? Pernahlah yah walaupun sekali. Sama, aku juga pernah dong :D Jadi, beberapa hari kemaren itu sempat hadiri beberapa acara yang jam mulai acaranya diundur. Kenapa ? Karena kebanyakan pesertanya yang dateng telat terus pas dihubungin ngga ada kabar. Parah. Kebanyakan fase acara - acara yang sering terjadi sekarang sih >> Janjian jam berapa? Berangkatnya jam berapa? Acara mulainya jam berapa?. Ini semua terjadi karena kebiasaan yang sering terlalu santai atau.... Ntahlah aku kurang tau dan kurang ngerti, aku kan masih polos kakak (?)

2. On the Way (OTW)
Sumber : CommaWiki
OTW, keadaan dimana ketika temen atau orang yang diajak ketemuan ditanya 'Dimana nih?' yang faktanya dia baru bangun tidur atau mungkin baru siap-siap berangkat. FYI aja nih ya guys kalo kalian belum tau dengan jelas, OTW atau On the Way, yang kalo diarti-in satu -satu On = Diatas sedangkan the Way = Jalan. So, kalo diartian secara eksplisit 'Diatas jalan atau Lagi dijalan'. Tapi, yang sering kali terjadi di kehidupan kita sehari - hari kata 'OTW' digunakan untuk atau saat kita baru niat mau siap-siap buat hadiri acara bukan pada saat kita udah 'bener-bener' dia atas kendaraan pribadi atau angkutan umum untuk menuju acara yang dituju.

3. Peraturan itu ada untuk dilanggar

Ada yang bilang kalo 'Peraturan itu dibuat untuk dilanggar'. Ada juga orang yang ngelaksanain peraturan karena takut. Contoh nih, mindset kita sering kali kalo pake helm itu biar ngga ditangkep polisi, padahal fungsi helm itu adalah buat ngelindungin kepala kita kalo misalnya saat kita berkendaraan itu terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Melanggar peraturan juga udah jadi hal biasa yang terjadi. Ngga usah jauh-jauh deh contohnya. Telat datang ke kuliah nih misalnya, karena ngga pernah di marahin dosen akhirnya jadi kebiasaan nih. Atau malahan ada temen - temen sekalian yang berkomentar kayak gini 'Ngga Usah rajin banget Kuliah, ntar IPK 5 :D'. Padahal kebiasaan ini bisa berdampak pada kehidupan sosial kita nanti loh.

Kebiasaan inilah yang membuat efek domino kepada kita semua, yang secara tidak sengaja melakukan kebiasaan-kebiasaan diatas. Misalnya, Saat kita selalu berusaha datang On Time dalam setiap acara dan akibatnya harus selalu menunggu karena acara yang diundur. Untuk kedepannya atau selanjutnya sebagian atau mungkin semua dari kita akan berpikir 'Kenapa aku harus datang On Time? Pahadal yang lainnya aja datang telat'. Inilah salah satu alasan kenapa kebiasaan - kebiasaan tersebut berakhir menjadi budaya bagi kita semua. Sebuah tindakan yang biasa terjadi disekitar kita, padahal efek yang diberikan sangat merugikan + ngga bermanfaat. So, aku disini cuma mau ngajak temen - temen semua untuk lebih menghargai waktu dan peraturan. Cukup dimulai dari kita sendiri dan benar - benar berkomitmen untuk melakukan.

At Last, Sekian dari aku kali ini. Kalo temen - temen semuaada  ide, pemikiran atau saran silahkan sharing lewat kotak komentar ya :D ByeBye