Kebiasaan yang Menjadi Budaya

Kita adalah apa yang kita kerjakan berulang kali. 
Dengan demikian, kecemerlangan bukan tindakan, tetapi kebiasaan
- Aristoteles -

***

Kebiasaan memiliki pengaruh dalam kemampuan yang kita miliki. Misalnya nih, gitaris ngga akan jadi gitaris pro kalo ngga dibiasain buat latihan terus. Atau contoh lain, seorang penulis ngga akan jadi penulis terkenal kalo males ngebiasain diri buat latihan nulis. Kalo menurut aku sih, seperti pepatah bilang 'Ala bisa karena biasa'. So, kesimpulannya kalo kita pengen kemampuan yang kita geluti atau ikuti meningkat terus jadi profesional, kita harus membiasakan diri untuk selalu latihan.

Ngomongin kebiasaan, terkadang ada kebiasaan yang berdampak negatif dan merugikan buat kita ataupun orang lain. Dan yang lebih parahnya lagi, kebiasan ini sering dilakukan oleh-oleh orang-orang di sekitar guys. Atau malahan kita juga sering melakukan kebiasaan ini.

Dan, inilah kebiasaan - kebiasaan tersebut. Lets check under this sentence :D

1. Ngaret
sumber photo
Pernah ngga janjian sama temen buat hadiri suatu acara, rapat atau janji temu yang lainnya ? Pernahlah yah walaupun sekali. Sama, aku juga pernah dong :D Jadi, beberapa hari kemaren itu sempat hadiri beberapa acara yang jam mulai acaranya diundur. Kenapa ? Karena kebanyakan pesertanya yang dateng telat terus pas dihubungin ngga ada kabar. Parah. Kebanyakan fase acara - acara yang sering terjadi sekarang sih >> Janjian jam berapa? Berangkatnya jam berapa? Acara mulainya jam berapa?. Ini semua terjadi karena kebiasaan yang sering terlalu santai atau.... Ntahlah aku kurang tau dan kurang ngerti, aku kan masih polos kakak (?)

2. On the Way (OTW)
Sumber : CommaWiki
OTW, keadaan dimana ketika temen atau orang yang diajak ketemuan ditanya 'Dimana nih?' yang faktanya dia baru bangun tidur atau mungkin baru siap-siap berangkat. FYI aja nih ya guys kalo kalian belum tau dengan jelas, OTW atau On the Way, yang kalo diarti-in satu -satu On = Diatas sedangkan the Way = Jalan. So, kalo diartian secara eksplisit 'Diatas jalan atau Lagi dijalan'. Tapi, yang sering kali terjadi di kehidupan kita sehari - hari kata 'OTW' digunakan untuk atau saat kita baru niat mau siap-siap buat hadiri acara bukan pada saat kita udah 'bener-bener' dia atas kendaraan pribadi atau angkutan umum untuk menuju acara yang dituju.

3. Peraturan itu ada untuk dilanggar

Ada yang bilang kalo 'Peraturan itu dibuat untuk dilanggar'. Ada juga orang yang ngelaksanain peraturan karena takut. Contoh nih, mindset kita sering kali kalo pake helm itu biar ngga ditangkep polisi, padahal fungsi helm itu adalah buat ngelindungin kepala kita kalo misalnya saat kita berkendaraan itu terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Melanggar peraturan juga udah jadi hal biasa yang terjadi. Ngga usah jauh-jauh deh contohnya. Telat datang ke kuliah nih misalnya, karena ngga pernah di marahin dosen akhirnya jadi kebiasaan nih. Atau malahan ada temen - temen sekalian yang berkomentar kayak gini 'Ngga Usah rajin banget Kuliah, ntar IPK 5 :D'. Padahal kebiasaan ini bisa berdampak pada kehidupan sosial kita nanti loh.

Kebiasaan inilah yang membuat efek domino kepada kita semua, yang secara tidak sengaja melakukan kebiasaan-kebiasaan diatas. Misalnya, Saat kita selalu berusaha datang On Time dalam setiap acara dan akibatnya harus selalu menunggu karena acara yang diundur. Untuk kedepannya atau selanjutnya sebagian atau mungkin semua dari kita akan berpikir 'Kenapa aku harus datang On Time? Pahadal yang lainnya aja datang telat'. Inilah salah satu alasan kenapa kebiasaan - kebiasaan tersebut berakhir menjadi budaya bagi kita semua. Sebuah tindakan yang biasa terjadi disekitar kita, padahal efek yang diberikan sangat merugikan + ngga bermanfaat. So, aku disini cuma mau ngajak temen - temen semua untuk lebih menghargai waktu dan peraturan. Cukup dimulai dari kita sendiri dan benar - benar berkomitmen untuk melakukan.

At Last, Sekian dari aku kali ini. Kalo temen - temen semuaada  ide, pemikiran atau saran silahkan sharing lewat kotak komentar ya :D ByeBye


Comments

  1. true true true story: ngaret!
    tuhan akan selalu bersama mereka yang dikaretin..
    eh, ngomong2 followback blog dong :)
    hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah ngerasain bearti, sabar ya bro :')

      Oke, di follow balik nih

      Delete
  2. Dan masih banyak lagi.
    Copy ah qoute dari om Aritoteles-nya :)

    Ngeblog? semoga kebiasaan yang menjadi hal baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu 'dan masih banyak lagi' apaan kak ? hehe

      Ngeblog? Mohon bimbingannya ya kakak biar jadi kebiasaan yg bagus :D

      Delete
  3. Replies
    1. jangan diulangi lagi yah kakak, kasian temen yg nunggu tuh :')

      Delete
  4. Kok pas banget ama gue ya mbak,

    kayaknya ada yang kelewat deh seperti, suka tikung temen, php *curcol*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooo...jadi kebiasaannya sering PHP nih ? Ketauan deh jelek nya *ehhh :D

      Delete
  5. peraturan itu ada untuk dilanggar, setuju banget itu haha. On the way tu yang fakta banget! apolagi OTW wong palembang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah.. tiyak sering ngelakuinnya ngga tuh ? Awas jadi kebiasaan ya !

      Btw,OTW wong palembang itu cakmno ye ? hehe

      Delete
  6. wkwkw bener semua itu kak apalagi yang OTW :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyalah, kan nulisnya berdasarkan fakta yang terjadi disekitar dek :D

      Delete
  7. Ngomong otw~~
    Iyak otw kamar mandi -____-

    ReplyDelete
  8. I love this Country :) Masyarakat Indonesia terlalu kreatif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget. Orang Indonesia itu kreatif-kreatif, sampe OTW aja disalahartikan :')

      Delete
  9. Semuanya bener banget
    apalagi yang kalau ngaret di gabungin ma Otw
    paling kampret bisa berjam2 nunggu
    pengalaman
    hehe
    salam kenal yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehmm... jadi kita coba displin dari diri sendiri biar yg ngaret itu pada nyadar.

      Salam Kenal juga :D

      Delete
  10. Bener banget, OTW.= keadaan saat masih di rumah, dan orang yang nungguin udah jadi fosil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, saking lama nunggu jadi fosil tuh -_- ckckckk

      Delete
  11. Poin nomor 1, kalo udah ngaret, yang bego'nya lagi, temen yang udah nunggu lama bilang, 'Gakpapa bro/sis santai aja.' setelah yang ngaret bilang, 'Sorry bro/sis telat'. -_-

    Kalo masih banyak orang mengamalkan poin nomor 3, selamanya bangsa kita akan kerdil! Merdeka! Bentar lagi bakar ban gue. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, itu mungkin masih 'anggap' kawan jadi ngga ke-enakan-an kalo mau bilang yang sebenaranya kalo "KZL BGTZZZ' :))

      MERDEKA buat Indonesia!!

      Delete

Post a Comment

Dari pada cape' hati gara-gara gagal moveon, enakan cape' mata baca postingan saya bloggers :D Nah, kalo sudah baca jangan lupa tinggalkan komentar, saran, ataupun kritiknya. Begitulah pembaca yang baik semestinya :D

Popular posts from this blog

Hal - Hal Yang Bisa Bikin Cewek Tersentuh

Sesuatu. Sesuatu yang Baru

Macam - Macam Gila yang ada Di Kehidupan Sehari-hari