Saturday 5 September 2015

Restart Blogging : After Effect Meet & Greet Penulis

Satu... Dua... Tiga... Empat.. Lima... Enam.
Oke, terhitung dari bulan April sampai dengan september sudah 6 bulan blog ini vakum. Enam bulan itu sama kayak setengah tahun. Dari Blogger yang domainnya masih pake (dot)com sampe ganti jadi (dot)co.(dot)id blog ini masih aja sama. Iya sama, ngga di-urusin sama authornya. Kalo diibaratkan dengan rumah, mungkin udah menjelma jadi rumah hantu yang siap buat cari mangsa berikutnya. Huft.

Setengah Tahun? Kemana aja niken ngga nongol-nongol?

I'm here. Disini, masih setia memantau kamu, namun tak berani menyapamu. Jangankan menyapa, untuk menatap matamu saja aku tak mampu. Eitsss... malah curhat -_-. Selama enam bulan ngga kemana-mana dan juga lagi ngga sibuk apapun, cuma kehabisan amunisi semangat, ide, ilham dan insipirasi jadi akibatnya yaa... beginilah jadinya.

I have nothing to say. What i said now, only seems like an excuse. I'm really sorry. But, the important thing is I'm here now, back to my activity, blogging. Be more creative, productive and full of life.

Ngomongin masalah kreatif dan produktif. Being creative itu gampang-gampang susah -ini ngga tau bahasa inggrisnya apa..hehe- Dibilang gampang kalo lagi banyak inspirasi tanpa perlu repot-repot semedi lagi, dibilang terlalu mudah juga ngga. Kenapa? karena terkadang susah kalo lagi ngga ada ide, inspirasi, anugrah atau hidayah. Mau nungu sampe berjam-jam pun kalo otak lagi macet juga ngga bisa ngapain-ngapain. Apalagi kalo nulis yang perlu imajinasi dan kosakata yang bagus. Kata siapa nulis itu mudah? Untuk nulis satu paragraf di blog ini aja aku butuh semedi setengah tahun..haha. Apalagi kalo nulisnya ngga dilatih, ngga dibiasakan tambah deh sulit buat memulai nulisnya. Ala bisa karna biasa. Pepatah ini bener banget, buktinya para penulis terkenal aja harus menulis berulang-ulang baru bisa. Lah gimana nasib aku yang nulisnya bolong-bolong? Yang pastinya setelah sekian lama ngga nge-blog dan mau nge-blog lagi, aku bingung mau nulis apa, mau buka pembicaraan atau pembahasan apa. Kalo biasanya kosakata itu dengan lancarnya keluar tinggal lansung ditulis aja, sekarang butuh usaha yang ekstra hanya sekedar buat tulis kata pembukaan. Suatu kemunduran yang bikin bete, sering kali mau nge-blog tapi karna ngga tau mau nulis apa jadinya ngga jadi, lanjut deh ngga update blognya. Oke, itu adalah beberapa alasan diantara alasan-alasan yang lainnya selama ini vakum nge-blog.

Penulis Orizuka
Berhubung lagi ngomongin penulis, baru inget kalo tahun kemaren ikutan Meet & Greet 2 Penulis yang bukunya sering aku baca. Kenapa sering? karena belum semua bukunya aku baca + beli.. hehe. Dan ternyata setelah bertemu dengan dua penulis yang kece-kece dan keren ini, aku baru menyadari beberapa hal yang selama ini kurang aku sadari. Ntah aku yang kurang peka atau memang hal ini terlalu terselubung dan tersembunyi? Cielah

Penulis Darwis Tere Liye
Jadi ternyata selama ini aku itu.....
Mau book signing, Ngga ada  bukunya.
Setelah 2 kali ikutan meet and greet bareng penulis, hal yang pertama kali yang aku sadari adalah ternyata buku-buku para penulis itu aku ngga punya banyak (setelah liat koleksi buku ternyata cuma punya 1-2 buah buku aja) alias selama ini aku baca buku mereka dengan cara pinjem sama para temen-temen aku yang punya buku-buku mereka juga... hehe. Tapi, ntar dulu ngatain aku seorang reader yang ngga modal. Bukunya itu aku juga punya + ada, tapi kebanyakan notabene keberadaaan buku-buku itu sendiri 177 Km jauhnya dari keberadaan aku sekarang. Makanya pas ikutan Meet & Greet mau bawa bukunya baru nyadar kalo bukunya cuma punya dikit, padahal rata-rata udah semua baca buku-buku karya mereka... haha.

Tahap Reader, Author?
"Kapan mau nulis? Ngga bosan nih jadi pembaca trus." Sebenarnya agak susah dan bingung mau jawab apa kalo dapet pertanyaan kayak tadi. Tapi yang jelas, aku juga seorang penulis kok, walaupun kadang-kadang bolong dan males. Doakan saja ya nanti bakalan jadi penulis yang seutuhnya..hehe

Ngga ada hal yang Spesifik tentang genre bacaan
I read what I think that's good books. Jadi, intinya aku itu ngga pemilih ataupun memilih bahan bacaan. Seperti halnya yang dikatakan oleh salah satu seniorku "sebenarnya genre adalah suatu pengkotak-kotakan terhadap buku yang dilakukan oleh kita sendiri". Lagipula nih ya kalo menurut aku, sayang kalo kita cuma baca satu macam genre dari beberapa buku yang ada di dunia. Kenapa? Ngga diusah ditanya, karena bahan bacaan kita juga bakal terbatas. Mungkin itu juga salah satu alasan ngga terlalu spesifik dalam memilih bahan bacaan. hehe.


Jadi, sebenernya tulisan ini adalah salah satu draft yang sangat disayangkan kalo ngga diupload yang pada akhirnya terselesaikan juga. Yeay. Dengan ini juga, semoga semangat dan ide-ide dari 2 penulis yang terkenal tadi menular ke aku biar aku ngga jadi penulis yang ngga bolong-bolong lagi yaa... hehe. and last let me say "Welcome back, Niken!" haha 
banner
Previous Post
Next Post

4 comments:

  1. Welcome back, Niken. entah lah apa aku pernah mampir ke sini, atau ini yang pertama kali?

    Semangat terus nulisnya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya makasih yah :D
      Ini yang pertama kalinya deh kayaknya.. hahaha

      Semangat juga nulisnya + mampir lagi kesini ya nanti :D

      Delete
  2. Selamat pagi niken, iseng ngecek blog niken tampialnya keren banget. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat siang mba mala(?) hehehe
      Makasih mba pujiannya, jadi terharu... hiks

      Ayo nge-blog lagi mba :D

      Delete

Dari pada cape' hati gara-gara gagal moveon, enakan cape' mata baca postingan saya bloggers :D Nah, kalo sudah baca jangan lupa tinggalkan komentar, saran, ataupun kritiknya. Begitulah pembaca yang baik semestinya :D