Gaul Bareng Robot Nao 'Team Robot Explorer' dan iTechs UNSRI

Happy Weekend Bloggers dan Readers semuaanyaaa ^.^

Akhirnya hari ini datang juga, sumpah aku berasa ini minggu terberat buat kuliah loh -_- Gimana engga ?! Minggu ini jadwalnya UTS guys. Okee, sekali lagi yaa UTS!! dengan fase kuliah yang berbeda juga. 2 hari libur - 2 hari UTS - dan 2 hari libur(lagi). Walapun liburnya lebih banyak dari pada hadir buat kuliahnya, tapi tetep aja aku butuh refreshing otak, refreshing jiwa, refreshing fisik, dan refreshing hati juga kalo bisa #ehh *salah omong* //hehehe//.

Nah, berhubung weekend telah datang jadi aku engga menyia-nyiakan kesempatan ini. Aku mau menghabiskan waktu dengan hal-hal yang lebih santai namun bermanfaat dan juga yang bisa menambah tingkat ke-gaul-an aku //hahaha :D//, salah satu caranya adalah aku ikutan acara Seminar Robotika yang diselenggarakan oleh BEM KM Fasilkom Unsri dan Rumah Robot Indonesia.  Dengan ikutan acara ini, lumayanlah aku bisa namabah referensi calon gebetan ilmu pengetahuan. Mungkin saja setelah ikutan seminar ini aku bisa bikin robot aku sendiri. Aamiin O:)

Seminar ini diadakan pada hari Sabtu bertepatan pada tanggal 09 November 2013 di Graha Bina Praja Palembang dimulai dari pukul 08.30 s/d selesai. Seminar ini diisi oleh 2 (dua) pembicara yang udah paham dan tau betul dengan dunia robot. Pembicara pertama yaitu Bapak Ahmad Zarkasi S.T M.T dan yang kedua adalah Kakak Hendri Adrian Raharja. Dalam seminar ini bakal ada penampilan dari beberapa robot humanoid yang di persembahkan oleh rumah robot, salah satunya adalah Robot NAO.
Tiket Seminar Robotika
Seminar Kit
Di acara seminar kemaren 2 pembicara menyampaikan materinya tentang semua hal yang berbau, berhubungan dan juga berkaitan dengan robot. Disana kita dapat banyak ilmu, mulai dari sejarah robot, bagaimana bisa buat robot dan kita harus bisa apa aja buat bisa robot sendiri. Dari materi itu aku belajar banyak hal tentang robot. Kalo kemaren tau robot itu adalah 'Manusia Mesin' tapi dengan ikutan seminar aku sudah bisa mengenal lebih jauh tentang robot.

1. Mekanika, Elektronika, dan Program. Untuk bisa membuat robot kita perlu dan harus belajar 3 komponen tadi. Pertama adalah mekanika, semua hal tentang yang bisa kita lihat secara fisik misalnya kaki, tangan, badan yang terbuat dari plastik atau besi. Kedua adalah elektronika, setelah bentuk robot kita rangkai kita butuh aliran energi(listrik) agar robot itu dapat bergerak. Dan yang terakhir adalah program, suatu cara untuk memberi perintah pada robot itu sendiri.

2. Sejarah Robot. Pasti bertanya-tanya siapa sih penemu awal robot? Menurut sejarah pertama kali kata robot dikenal pada tahun 1920 oleh Karel Caspek yang menulis sebuah cerita tentang manusia yang hanya bertugas untuk melayani manusia lain dengan kata lain adalah budak, yang dikenal istilah 'Robota'. Istilah 'Robotic' sendiri baru dikenal pada tahun 1941 oleh Isaac Asimov, kemudian untuk robot sendiri baru ada pada tahun 1946 oleh Joseph Engelberger 'Father of Robotics' dalam Perusahaan Robot Pertama.

3. Klasifikasi Robot. Jenis robot dapat lebih banyak dari jenis makhluk hidup. Kenapa bisa begitu? karena semua hal dapat dijadikan robot nantinya jika kita mengingikan. Dari robot manusia, hewan hingga tumbuhan dapat dijadikan robot. Namun untuk saat ini klasifikasi robot yang kita ketahui adalah humanoid, android, cyborg, animaloid, manipulator, wheeled, legged, water dan fly.

4. Aplikasi Robot. Pada jaman sekarang telah banyak orang menggunakan jasa robot untuk membantu pekerjaan mereka dibandingkan menggunakan jasa manusia. Diantaranya Industri, Militer, dan kedokteran yang telah menggunakan aplikasi robot dibandingkan manusia. Pengaplikasian robot juga didapat digunakan untuk ramah lingkungan misalnya, robot pemburu hama, pembersih sampah, penelitian bawah air serta aplikasi-aplikasi lainnya yang telah menggunakan teknologi robot.

5. Positif Robot. Tentu saja dalam hal ini dengan menggunakan teknologi robot memiliki dampak positif yang dirasakan kita sebagai manusia,  Apalagi industri misalnya yang telah banyak menggunakan teknologi robot diantaranya adalah jangka panjang hemat, perbaikan cepat, disiplin, waktu ekstra, kuat, teliti, tanpa bosan, patuh, sabar, dan tentu saja pintar.

6. Negatif Robot. Setelah berbicara tentang positif tidak menutup kemungkinan robot juga memiliki dampak bagi kita, manusia. Diantaranya adalah pengangguran, abnormal, krisis energi dan juga limbah sampah besi.

7. Korea Selatan. Kalo ditanya negara mana sih yang banyak ciptain robot ? atau negara mana yang banyak menggunakan teknologi robot ? Kalian bakal jawab apa guys, USA ? Jepang ? Jawabannya adalah salah guys, Yang benar adalah Korea Selatan. Yupp, negara itulah yang telah banyak menerapkan teknologi robot di negara mereka :)
Hendri Adrian Raharja 'Team Robot Explorer'
Ahmad Zarkasi S.T M.T 'Dosen Ilkom Unsri'
Suasana Peserta Saat Pemaparan Materi
Waduh, tulisan aku udah lumayan banyak yaa :D Nah setelah dapat pemaparan materi dari 2 pembicara dan sesi tanya jawab, seminar belum berkhir disitu guys. Disini aku bisa liat penampilan acoustic band dan beatbox. Selain itu juga ada bazar serta photo both yang telah disediakan panitia untuk meramaikan acara seminar ini.

Acoustic band #BradProject
Penampilan BeatBox 




**********
Terima kasih banyak buat BEM KM Fasilkom Unsri dan Rumah Robot Indonesia yang udah ngadain acara keren banget. Terima kasih udah bawa NAO dan bisa liat dia secara lansung. Yang ga ikutan acara ini pasti nyesel banget yaaa. Untungnya aku ikutan. Oh iyaa, Makasih buat ka Hendri atas NAO papercraftnya walaupun harus nahan malu dan joget gangnam style dulu buat dapetinnya, tapi gapaplah ini semua buat NAO dan robot humanoid yang lainnya //okee abaikan yang ini lebay -_-// Terima kasih juga udah buat weekend aku ga sia-sia, malahan bermanfaat dan menyenangkan hehe. Ahh, dari tadi makasih terus yah. Intinya aku senang deh ketemu Robot NAO dan robot humanoid yang lainnyaa :D Semoga bisa ketemu lagii yaa.....
Penampakan Robot NAO. Keren, kan ? :)
Eksis bareng NAO and Friends :D
Lets Hang Out with Robot in the Future :D See you and paipaii...



Comments

  1. bip..bip..bip.. ditunggu robot buatan kak niken yg bisa bantu bersih-bersih rumah sama nyuci baju :D butuh banget hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon ditunggu kedatangannya robot *omong kayak suara robot* :D

      Doakan saja saya bisa buat robot sendiri ya dek.. hehe

      Delete
  2. wah ada foto saya :D
    wah bem fasilkom disebut2 :p
    acaranya keren? jadi terharu nih sebagai panitia hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya yang keren itu NAO nya, Apalagi pembicaranya *salah fokus* :D haha

      Delete
  3. gimana dapet ngga gebetannya kak? :D
    folbek ya kak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaelah mlah nanya gebetan ini -,-

      Pengennya sih yang bawa roobot NAO itu, tapi ga mungkin XD hahaha

      Delete
  4. keren gua pengen banget tuh jadi robot *ehhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa emang keren :))
      Pengen jadi robot apa pengen bikin robot tuh.. haha

      Delete
  5. kak niken nanti kalo bikin robot yang bisa ngungkapin isi hati kak niken yaaa :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, ntar saya bikin robot yang bisa baca isi hati aja yaa :)) hoho

      Delete
  6. robot nao mirip kayak film jepang yang

    ReplyDelete
  7. Robotnya warna putih, sayang kamu robot. :))

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. robot-robotnya cowo ka :) masa' cantik sih.. hehe

      Delete
  9. iseng buka google dgn keyword "fasilkom unsri", dan ketemu postingan ini.
    seneng banget acara-nya berkesan, makasih apresiasinya atas acara yg di adakan BEM KM FASILKOM UNSRI 2013/2014, nggak sia2 rasanya jadi ketupel acara ini :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Dari pada cape' hati gara-gara gagal moveon, enakan cape' mata baca postingan saya bloggers :D Nah, kalo sudah baca jangan lupa tinggalkan komentar, saran, ataupun kritiknya. Begitulah pembaca yang baik semestinya :D

Popular posts from this blog

Hal - Hal Yang Bisa Bikin Cewek Tersentuh

Sesuatu. Sesuatu yang Baru

Macam - Macam Gila yang ada Di Kehidupan Sehari-hari