Apalah Arti Sebuah Organisasi

Disini ada bloggers yang juga ikut sebuah organisasi, tau gak sih apa itu sebenernya organisasi ? organisasi apa ? Kalo ikut organisasi apa aja tuh kerjaannya ? Sering kena marah yaa kalo kerjaannya ga beres ? Okee, lets check this out..

Inspirasi tulisan ini awalnya berasal dari obrolan yang agak serius dengan teman saya yang salah satu mantan pengurus sebuah Organisasi yang banyak diminati oleh kalangan mahasiswa di fakultas kami. Disini kita bahas "Apa sih arti Organisasi itu sendiri ?" "apa yang dapat kita ambil dalam mengikuti Organisasi" dan pertanyaan lain-lainnya.

Pada umumnya dalam setiap buku organisasi yang pernah saya baca, secara garis besar arti dari Organisasi itu sendiri adalah kumpulan dari 2 orang atau lebih yang memiliki suatu tujuan dan berusaha untuk mewujudkannya. Organisasi juga dapat dijadikan sebagai tempat mengasah setiap skill anggotanya dan tempat membangun kekeluargaan.

Tapi, sebagian orang dari kita tidak pernah tahu bahwa kita terlahir ke dunia telah memilki sebuah Organisasi. Keluarga. Yaa, memang banyak dari kita yang tidak tahu bahwa sebuah keluarga merupakan Organisasi Informal. Di keluarga sendiri kita memiliki seorang ayah, seorang ibu dan beserta anak-anaknya, dalam hal ini seorang ayah berperan sebagai ketua organisasi yang mengatur setiap kegiatan di rumah tangganya, seorang ibu sebagai wakil dari ayah yang juga merangkap sebagai bendahara beserta anak-anak sebagai anggota dalam organisasi tersebut. Nah, kalo ada yang bilang dia ga pernah ikut organisasi bearti dia bohong. Karena, tanpa ia sadari dia telah lahir dalam sebuah keluarga atau organisasi informal.
Nah, kalo apa yang bisa kita ambil dari organisasi itu yaa tergantung dengan orang-orangnya masing-masing, sesuai pendapat mereka. Ada juga mahasiswa yang berpikir bahwa organisasi itu cuma bikin capek, repot dan bisa jadi menghambat kuliah. Tapi, gimana kalo udah kuliah terus entar nge-lamar perkejaan trus ditanya gini "Pengalaman organisasinya apa ?". Nah, itu salah satu nilai plus dari organisasi sendiri. Tapi, ikut organisasi bukan cuma buat syarat kerja doang, yang penting dari organisasi itu pengalaman kerja dan kerja sama serta menambah jaringan sosialisasi (teman). Tapi beda lagi kalo yang tamatnya kuliah langsung mau nikah, itu egga masalah. Toh calon suamimu juga egga bakal ngasih syarat harus pernah berorganisasi :D hehe

Tapi, ada juga mahasiswa yang mengikuti sebuah organisasi dengan tujuan agar lebih keren, terkenal, banyak yang suka dan beserta teman-temannya yang lain. Kalo teman-teman ikut organisasi cuma buat keren-kerenan lebih baik nih yaa foto sebanyak mungkin terus diedit pake photoshop. Kalo sudah tinggal upload di setiap sosial media yang temen-temen punya, Gampang-kan ? :D haha.

Terus, gimana caranya buat pemimpin agar mengetahui para anggotanya yang benar-benar totalitas dalam berorganisasi. Tentu saja mereka akan mengadakan OR atau OPen Requipment, yang kemudian calon anggota akan dites melalui berbagai wawancara. Tapi, salah satu cara terbaik mencari anggota adalah seleksi alam, dimana yang bertahan sampai akhirlah yang menang dan bukan dari hasil wawancara, yang rentan akan manipulasi.

Okee bloggers, itu saja yaa buat kali :D pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar..
___________________________________

Note : Terima Kasih buat Ka +Sakalvin A dan teman saya +Nicotama Probowo yang udah kasih pendapatnya dalam penulisan kali ini :D.. Sekali lagi terima kasaih kakaaaa!!








Comments

  1. kurang panjang ken artikelny! :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe :) kan msih belajar niko. Tapi, makasih sarannya. besok2 dipanjangin deh :D

      Delete
  2. Ngomong2 soal organisasi, kalau pas ketemu sama org2 yg sepaham sih bisa asik dan pasti rajin ikut kegiatan. Tapi pas ketemu sama anggota yg gk sepaham, organisasi jadi ngemalesin, ujung-ujung2ny malah keluar pelan-pelan.
    Eh, malah curhat. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, maka dari itukan pengertian organisasi adlh kumpulan dri orng2 yg punya satu tujuan/sepaham. Kalo ga mau ikut sepaham sm organisasi kita, keluarin aja tu drpda bikin kacau :D ehehe..

      Tapi, kembali pada org2ny masing2lah :)

      Delete
  3. bener kan tebakan aku, postingan ini terinspirasi dari BEM haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe :D inspirisai bisa datang dari mana saja cha. Bisa jadi yg sedang terjadi di sekeliling kita kan ?

      Delete
  4. Sependapat nih ! Yang susah nya itu menyatukan visi dan misi yang menjadikan faktor utama gugur nya suatu organisasi.

    Untuk saat ini lebih suka menjadi pengikut (Silent Reader) :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya kalo mau berorgansasi, haru sberani terima resikonya nanti bagaimana kalo ga sependapat.

      Jangan terlalu lama nyaman jadi pengikut, coba buat out of the box tu :D hoho

      Delete
  5. Hahaha rasa minder masih ada sedikit jadi gak terlalu ingin menonjol kali di suatu organisasi apalagi jika organisasi nya tidak sesuai dengan keahlian. hi hi hi

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah mestinya harus menonjol, biar bisa tambah ahli dan berkembang. Kalo diem trus gimana mau berkembang coba ? Think :D

      Delete
  6. Saya dulu dari SMP sampe SMK bisa dibilang doyang banget dengan organisasi Mbak.. Dan memang manfaatnya sangat banyak.. Saya lebih suka mengatakan kalau manfaatnya itu justru bisa kembali ke diri kita juga melatih kepribadian..

    walaupun saat ini saya hampir sudah tidak fokus lagi ke organisasi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupp, dengan organisasi kita bisa ngembangin soft skill dari dalam diri kita masing2 :D Tapi itu sebnernya hanya berlaku pada org yang totalitas dalam organisasinya itu. Sedangkan yang ikt organisasi untuk keren-kerena aja? Mungkin mereka ga bakalan tahu apa aja mannfaat dari organisasi itu sendiri, selain popularitas diri dan nambah fans. hehe

      Delete

Post a Comment

Dari pada cape' hati gara-gara gagal moveon, enakan cape' mata baca postingan saya bloggers :D Nah, kalo sudah baca jangan lupa tinggalkan komentar, saran, ataupun kritiknya. Begitulah pembaca yang baik semestinya :D

Popular posts from this blog

Hal - Hal Yang Bisa Bikin Cewek Tersentuh

Sesuatu. Sesuatu yang Baru

Macam - Macam Gila yang ada Di Kehidupan Sehari-hari