Bagaimanakah Cara Kamu meng"administrasi"kan Kuliah ?


Mungkin teman-teman masih bingung dengan judul postingan saya kali ini. Maksudnya itu apa sih meng"administrasi"kan kuliah ? Ketika kita mendengar kata "administrasi" sebagian dari kita pasti memikirkan hal-hal yang berkaitan dengan proses, tata laksana, atau bahkan masalah keuangan yang berkaitan dengan kuliah. Tapi, yang kita bahas kali ini bukanlah itu teman-teman :D Jadi apa ? Baca sampai habis yaa..

Sebelumnya kita perlu mengetahui apa arti dari "administrasi". Administrasi dalam arti luas adalah rangkaian kegiatan/aktivitas sebagian proses pengendalian usaha kerjasama sekelompok orang/manusia untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan sebelumnya. Dalam pengertian administrasi tersebut kita dapa mengambil 3 Keyword yang akan berhubungan dengan kuliah, yaitu : tujuan, orang/manusia dan yang terakhir adalah kegiatan/aktivitas.

Jadi, cara untuk meng'administrasi'kan kuliah kita, yaitu :

1. Tujuan atau Purpose
Sebelum kita kuliah, sebaiknya kita memikirkan apa sebenarnya tujuan kita untuk kuliah. Apakah hanya untuk bermain-main dan mencari teman ? apakah hanya karena kemauan orang tua ? atau hanya untuk berlomba-lomba memamerkan kekayaan orang tua, menghabiskan dan menghamburkan kekayaan orang tua ? So, buat teman-teman sekalian sebelum atau yang sudah (terlanjur) kuliah pikirkanlah apa tujuan kalian untuk kuliah yang sebenarnya.

2. Orang atau People
Orang-orang disekitar kita dapat mempengaruhi cara kita mengadministrasikan kuliah kita. Maka dari itu, agar poin pertama atau tujuan kita dapat terrealisasikan dan terwujud, kita harus memilih orang-orang yang dapat membantu dan diajak kerjasama. Carilah teman yang dapat seiring sejalan dengan tujuan kita.

3. Aktivitas atau Activities
Setelah dua poin diatas tadi, yang terakhir yang harus kita lakukan adalah merencanakan aktivitas apa yang harus kita lakukan agar semua itu dapat terwujud. Aktivitas yang dapat mendukung setiap proses kita dalam perkuliahan.

Okee teman-teman, itu dia bagaimana bebarapa cara agar kita dapat mengadministrasikan kuliah kita. Semoga bermanfaat untuk kita semua :D

____________________________________

Note : Review Materi Mata Kuliah Administrasi Bisnis oleh Ir. Muhammad Ihsan Jambak M.SC

Comments

  1. Berat banget baca judul postingan ini :)

    intinya harus punya GOAL dalam menjalani kuliah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berat. Emang kau bawa apo judulny ka ? hehe

      Yupp, punya GOAL yang mesti diprioritaskan :D

      Delete
  2. Oke pas sekali buat yang baru mau kuliah seperti aku ini :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, bener itu itung2 buat pegangan sebelum kuliah :D hehe

      Delete
  3. Bapak Ihsan memang benar-benar menginspirasikan mahasiswanya buat update twit, status fb, sama postingan blog yaa :D haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaa, setidaknya berbagi ilmu yg kita dapat dari pak ihsan kepada sesama mahasiswa ataupun calon mahasiswa :D hoho

      Delete
  4. Saya sudah menerapkan ketika kuliah dulu :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuaaa :o bearti sudah terbukti berhasil ni.. hehe

      Delete
  5. Good ... semoga menjadi ilmu yg bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih :D iyaa semoga dapat membantu semuanya hehe

      Delete

Post a Comment

Dari pada cape' hati gara-gara gagal moveon, enakan cape' mata baca postingan saya bloggers :D Nah, kalo sudah baca jangan lupa tinggalkan komentar, saran, ataupun kritiknya. Begitulah pembaca yang baik semestinya :D

Popular posts from this blog

Hal - Hal Yang Bisa Bikin Cewek Tersentuh

Sesuatu. Sesuatu yang Baru

Macam - Macam Gila yang ada Di Kehidupan Sehari-hari