You are My Everything Mom

Malam ini aku meneteskan air mata saat melihat pemberitahuan di akun jejaring sosialku, yaitu facebook. Bukan karena sesuatu yang tidak aku sukai namun aku terharu, seseorang yang selama ini ada untukku memberikan pesannya di wall fbku. Kata yang sederhana, namun dapat menyegar hati, meng-introkpeksi diri kembali. Kata yang sederhana, namun tulus dan ikhlas dari hatinya. Kata yang sederhana, namun mampu membangkitkan semangat diri. Kata yang sederhana, namun tak ternilai harganya. Sebuah Pesan dari seorang ibu untuk anak tercintanya.


"Anakku.. Orang baik memberikan kebahagiaan dan orang yang buruk memberikan pengalaman, keduanya berharga. Nak..Hanya karena kesalahan lebih mudah dilihat daripada kebenaran, bukan berarti apa yang kamu lihat salah itu pasti mutlak salah. Nak.. Jangan hanya tangisi kesalahanmu, tak ada manusia yang sempurna. Maafkan dirimu atas kesalahan yang terjadi, lalu lanjutkan hidupmu.

Nak.. Ingatlah, apapun yang menjadi perkataan dan tindakanmu, kamu harus bertanggung jawab atas resiko dari perkataan dan tindakanmu itu. Nak.. Dia yang mengeluh adalah dia yang tak pernah bisa bersyukur, padahal tanpa ia sadari, karunia dari Allah telah ia nikmati setiap hari. Nak... Perubahan itu perlu dan harus, karena waktu akan terus berjalan tanpa mau menunggu kita yang hanya diam dan tak berubah.

Anakku.. Kamu mungkin tidak bisa dalam satu hal, namun itu tak berarti kamu tidak bisa dalam segala hal. Nak.. Apa yang kamu dengar belum tentu benar, apa yang kamu lihat juga belum tentu benar. Kebenaran, Kamu harus mencari untuk menemukannya. Nak.. Jangan bersedih, Bersabarlah, bergembiralah. Memang keadaan kadang lebih rumit dari yang kita duga. Jangan menyerah pada keadaan yang sekarang ini .Masa depan tetap bisa dirubah menjadi lebih baik nak!

Nak.. Jaga nama baikmu. Jaga nama baik keluargamu. Itu adalah hal yang penting agar selalu berhati-hati dalam bertindak. Nak.. Belajar memperbaiki diri. Kita memang tak sempurna. Banyak salah banyak lupanya. Tapi tetap bisa diperbaiki kan ? Nak..Jika pengetahuanmu itu terbatas pada hal itu saja, jangan paksakan pendapatmu jika ada pendapat yg lebih benar. Masa depan lanjutkan untuk hal-hal yang ingin diraih.Taruh masa lalu pada tempatnya. Tidak untuk saat ini.

Nak.. Diam Bukanlah kelemahan, jika di iringi dengan perbuatan dan hasil nyata. Nak.. Tidak seorang pun punya kemampuan untuk melakukan sesuatu hal sempurna, tapi setiap orang diberi banyak kesempatan untuk melakukan hal yang benar. Nak.. Takut akan kegagalan seharusnya tidak menjadi alasan untuk tidak mencoba sesuatu. Nak.. Tidak ada kata terlambat untuk melakukan kebaikan, karna yang pasti akan ada pelajaran disetiap langkah yang kita tinggalkan.

Nak.. Orang sukses adalah orang yang terus mencoba, meskipun telah mengalami banyak kegagalan. Anakku.. terus berusaha dan gagal itu lebih baik dibanding gak berusaha sama sekali. Nak.. tetap berusaha jadi yang terbaik meskipun kadang sering dilecehin dan dikucilkan. Nak.. kesalahan bukan buat disesali secara berlebih, tapi buat di perbaiki agar gak terulang kembali. Nak.. Hargai setiap pemberian seseorang, kecil bagi kita bukan berarti itu bukan sesuatu yg tidak berharga

Nak.. Kita tidak akan bisa mendapatkan yang benar, jika kita tidak pernah ikhlas merelakan yang salah. Anakku.. Gelar belum menjamin kemampuan seseorang, dan umur pun belum menjamin kedewasaan seseorang. Nak.. Kita semua dilahirkan untuk menjadi bernilai, bukan untuk menjadi sempurna. Jangan takut bertindak. Nak.. Seringkali kita lupa bersyukur di tengah-tengah kesulitan, padahal itu yg sedang kita butuhkan agar sadar bahwa harapan itu masih ada.

Nak.. Sekecil apapun kebaikan yang kita lakukan dengan ikhlas tak kan pernah sia-sia. Kebaikan akan berbalas kebaikan. Anakku.. Banyak orang percaya pikiran negatifnya, namun meragukan pikiran positifnya. Lakukan sebaliknya. Nak.. Ketika hati sedang resah, gelisah dan dipenuhi dengan keputusasaan, ingatlah bahwa hanya kepada Allah kita mengadu. Nak.. Semangatkan hatimu menuju kebaikan. Tak akan habis kebaikan dibagi-bagi. Karena itu ketentuan Allah, bahwa kita mencintai kebaikan

Nak.. Siapkan hati, niatkan berbuat baik. Jangan tunda jika ada kesempatannya. Jadilah orang yang bermanfaat untuk lingkungan sekitarmu nak.! Nak.. Bersabar itu dilatih setiap hari. Kalau hari ini belum maksimal bersabarlah. Lakukan terus agar berhasil ! Nak.. Kesendirian itu anugrah. Setidaknya, kamu diberi kesempatan oleh Allah menjadi hebat sebelum mendampingi kekasihmu kelak. Nak.. Manusia memang tak sempurna.Namun jangan dijadikan alasan untuk terus berbuat buruk.Karena kita dilihat dari bermanfaat atau tidaknya.

Nak.. Persahabatan itu saling menghargai satu sama lain.T idak selalu memaksa apalagi menang sendiri. Pahamilah untuk persabahatanmu sekarang. Sedikitkan bicara nak, jika memang tak memahami apa yang sedang dibicarakan. Menjadi pendengar yang baik juga punya nilai kebijaksanaan

Nak.. Berusahalah untuk tidak menghitung kesulitan, karena jika kamu terlalu sering menghitungnya, kemudahan akan terlihat biasa saja. Nak.. Jangan selalu membayangkan yg paling buruk hanya karena km belum mengetahui kebenarannya. Nak.. Hidup tidak menyulitkanmu.Hanya saja,tantangannya memang berat untuk jadi pemenang.Jika tidak ingin menang,hidup biasa2 saja.

Nak.. Kesalahan terbesar dalam hidup adalah mengabaikan nasihat baik.Saat hidup susah,hanya itulah renungan kita untuk memperbaiki diri. Gunakan selalu akal sehatmu nak. Karena emosi diri dapat menutupi nalar dan merusak sikap baik yg telah kamu jaga. Nak.. Jadikan hidup itu indah dengan berbagi, bersedekah, membantu orang lain. Kepuasan batin karena itu mendapat imbalan kelak dari Allah.

Anakku.. Bercanda ada kadarnya.Tetap dapat menyinggung perasaan orang lain.Hati2 berucap, dendam bisa tersimpan tanpa kita sadari. Nak.. Apapun yg terjadi, jangan sampai membenci saudaramu. Tidak pernah ada mantan saudara dalam hidup. Jadi akurlah.

Nak.. Sesulit apapun masalahmu, pasti ada solusinya. Allah tak akan memberikan cobaan melebihi kemampuanmu. Percayalah. Nak.. Hanya karena terlihat baik bukan berarti baik. Mereka yang membencimu tahu bagaimana terlihat baik. Bijaklah memilih teman. Nak.. Kejujuran memang menyakitkan, tetapi tidak mematikan. Kebohongan memang menyenangkan, tetapi tidak menyembuhkan.

Nak.. Setiap orang berhak mendapat apapun yang diinginkan selama dia mau berusaha. Karena tanpa usaha, jangan pernah berharap dapat apa-apa. Nak... Jika kesendirian menyakitkan hati, lihatlah banyak yang menjalin cinta tapi sulit merasakan kebahagiaan cinta. Jadi syukurilah dulu.

Hidup begitu indah jika kita terus memaknainya dengan kebaikan. Ingat nak, kebaikan akan selalu didukung olehNYA. Nak.. Jadikanlah kesuksesanmu itu tujuan hidup. Dimana bahagia itu benar-benar menenangkan hati, bukan malah semakin meresahkan dan takut."


Terimakasih ibu, terima kasih yang telah meluangkan waktunya untuk memberi nasihat, menulis bahkan menegur anaknya. Do'akan ananda bisa membanggakan dan memgapai kebahagaian yang sesungguhnya untuk kita. Terima Kasih, Ibu ! You are My Everything :)

Comments

Post a Comment

Dari pada cape' hati gara-gara gagal moveon, enakan cape' mata baca postingan saya bloggers :D Nah, kalo sudah baca jangan lupa tinggalkan komentar, saran, ataupun kritiknya. Begitulah pembaca yang baik semestinya :D

Popular posts from this blog

Hal - Hal Yang Bisa Bikin Cewek Tersentuh

Sesuatu. Sesuatu yang Baru

Macam - Macam Gila yang ada Di Kehidupan Sehari-hari